Get Adobe Flash player

^ Wah! Ayam Satu Ini Telah Terkenal Sejak Zaman Kerajaan Majapahit ^

Ayam Cemani Ternyata Sudah Terkenal Pada Zaman Dahulunya Kerajaan Majapahit

Ayam satu ini telah terkenal sejak zaman dari Kerajaan Majapahit yang terkenal sejak abad yang ke-15. Dalam legenda dikatakan bahwa seorang pepata yang bernama Ki Ageng Mangkuhan dahulunya ayam cemani satu ini disebut-sebut mempunyai paruh yang berwarna putih. Ada sebuah legenda di masyarakat Temanggung yang menyebut bahwa sabung ayam hitam satu ini telah terkenal sejak abad yang ke-15. Waktu itu adalah merupakan masa jaya Kerajaan Majapahit.

Kerajaan Majapahit adalah merupakan kerajaan Hindu-Buddha paling terakhir yang menguasai Nusantara serta dianggap sebagai salah satu dari negara yang terbesar dalam sejarah Indonesia. Menurut dari Negarakertagama, kekuasaanya tersebut terbentang di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Semenanjung Malaya, sampai Indonesia Timur, walaupun wilayah kekuasaanya masih juga diperdebatkan.

 

 

 

Dalam legenda menyebutkan bahwa seorang pepata yang bernama Ki Ageng Mangkuhan adalah merupakan pemilik pertama dari ayam Cemani. Hasil dari perkawinan silang tersebut malah menghasilkan jenis adu ayam baru yang warnya hitam legam dikarenakan ayam satu ini berjasa mengobati seorang anak pejabat pada daerah Temanggung sehingga pada akhirnya dikembangbiakkan dengan dikawinkan bersama ayam yang berwarna hitam jenis lainnya. Hingga saat ini ayam cemani sering sekali digunakan sebagai sebuah pelengkap ritual upacara adat yang ada didaerah Jawa.

 

Baca Juga : Ciri Sisik Ayam Aduan Berbeda Serta Tidak Percaya Diri

 

Dikarenakan keunikan warna pada tubuhnya, ayam tersebut dianggap dapat memberikan keberuntungan kepada pemiliknya. Selain dari dipercayakan mempunyai kekuatan mistis, warnanya yang hitam legam itu ternyata membuat harga ayam cemani dibanderol dengan harga yang sangat mahal sekali. Berdasarkan dari sebuah penelitian para ilmuan, warna hitam dari ayam cemani dikarenakan oleh kondisi genetika unik yang disebut dengan fibromelanosis. Keadaan tersebut akan membuat mutasi sel terjadi dalam sel tubuh ayam cemani. Menurut dari pendapat para ilmuan berasl Swedia yang bernama Leif Aderson.

Leave a Reply