Get Adobe Flash player

Tips Perawatan Dan Pelatihan Ayam Jago Filipina

Di indonesia, ada beberapa pecinta sabung ayam mengaku bahwa ayam jago filipina sangat menarik. Ras ini dikenal lincah ketika bertarung di atas arena, apalagi pandai memakai taji pisau untuk melukai lawan. Sayang sekali kelemahan justru terletak pada ketidakmampuan mengikuti ajang adu pukul karena bertubuh mungil. Meski begitu, tidak membuat pecinta aduan merawat untuk sedekar koleksi dan dilatih bertarung.

Ayam jago filipina bagaikan primadona di Indonesia. Para pecinta di tetangga Indonesia lebih menimati adu taji yang menggunakan pisau daripada tipe adu pukulan, ras filipina ini lebih ideal untuk jenis pertarungan tersebut ketimbang ras lain yang memiliki butuh lebih besar, bahkan lebih mudah menang saat melawan ayam bangkok sekalipun.

Di Indonesia, penggemar ayam jago filipina tidak sebanyak vietnam dan bangkok. Sebenarnya masyarakat ingin memilikinya, namun kurangnya informasi tip cara perawatan serta pelatihannya. kami akan memberikan semua informasi berdasarkan orang-orang pecinta adu ayam di indonesia yang berpengalaman dalam perawat dan pelatih ayam jago filipina.

Berikut Tips Perawatan Dan Pelatihan Ayam Jago Filipina:

  • Asupan makanan ras filipina berupa makanan serta multivitamin yang dimiliki ras bangkok. bertujuan agar tubuhnya bertambah padat, lebih tahan terima serangan dan tenaga serangan yang lebih kuat. Untuk melatih fisik ayam filipina hanya perlu diletakan di atas tali pada tali berukuran besar, kemudian bisa ikut serta laga persahabatan sabung ayam sekitar 3-5 menit. Bungkus taji terlebih dahuku sebelum pertandingan, agar tidak bisa memakainya. Untuk hasil yang maksimal, suntik vitamin b complex seminggu sekali agar fisiknya lebih bagus.
  • Jadwal mandi pasir untuk ayam jago sebaiknya 2 kali seminggu. Sehari setelah mandi pasir, baru mandikan dengan menggunakan air bak yang besar bertujuan untuk melatih otot sayap dan kakinya. Si jago dapat dilepaskan diluar kandag, namun kaki nya tetap selalu terikat seutas tali. Selain melatih otot kaki ayam si jago, ada cara untuk membuat tubuh di jago lebih berisi dan menghasilkan serangan yang lebih bertenaga. Makanan juga memegang penting dalam hal ini, sipemilik harus memilih makanan yang berkarbohidrat dan protein. Sayur dan buah juga tidak kalah pentingnya, begitu juga dengan suplemen multivitamin.
  • Untuk menambahkan bobotnya, ada racikan pakan berupa pur halus yang diseduh dengan air panas seckupnya dan jagung halus, kemudian biarkan sebentar agar hangat. Tidak perlu ganti racikan dengan biji jagung utuh, justru dengan campuran jagung halus dan pur halus membuat gerakan lebih lincah, berikan racikan ini pada pagi dan sore hari. Untuk penjemuran, hindari ayam yang masih kurus, sebaiknya jemur ayam si jago setiap pagi sampai jam 11 siang. Selain memberi pakan, anda juga perlu diberikan Vitamin untuk menjaga kondisi tubuhnya selalu sehat, pemberian asupan vitamin bisa diberi pada saat sore jelang bergantinya malam hari.
  • Untuk perawatnya anda dapat memberikan makanan campuran pilet daging dan berikan suntikan vitamin B Complex + B12 @2.5ml, mandi dengan menggunakan shampo dan merendam dalam 2 kali seminggu. setiap tiga kali dalam seminggu, biarkan ayam tersebut bermain diluar kandang dalam kondisi terikat dan berikan makan rumput. Ayam aduan anda akan lebih bugar, berpostur atletis, memiliki bulu yang indah serta pukulan yang mematikan. Jika ayam aduan anda mengalami kesehatan yang buruk, anda dapat memberikan antibiotik dengan dosis 500mg, berikan selama 5 hari.

Demikian ulasan di atas mengenai tips perawatan dan pelatihan ayam jago filipina, Semoga bermanfaat bagi anda para peternak ayam ternak pecinta adu ayam di Indonesia, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply