Get Adobe Flash player

Tips Merontokkan Bulu Pada Ayam Mabung Dengan Cepat

tips mudah mempercepat proses mabung pada ayam aduan

Tips Merontokkan Bulu Pada Ayam Mabung dengan Cepat

Tips Merontokkan Bulu Pada Ayam Mabung dengan Cepat

Sabung Ayam – Halo semua penggemar dan pecinta ayam aduan di Indonesia, kembali lagi bersama kami yang selalu memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda semua. Menurut pakde yang sudah mempunyai pengalaman dalam dunia ayam berbicara mengenai mabung ayam yang sangat lambat membuat kita tidak sabaran untuk mencabuti semuanya. Namun pakde ini mempunyai cara tersendiri dengan mempercepat kerontokan pada bulunya.

Mabung yang terjadi pada ayam aduan kita cukup memakan waktu yang lama, terkadang para penggemar judi sabung ayam sampai tidak sabar menunggunya. Pola makan ayam aduan akan berubah saat proses mabung itu terjadi karena di seluruh tubuh yang akan ditumbuhi bulu baru akan ada kandungan darah. Sebaiknya selama mabung terjadi, jangan pertemukan dengan ayam lainnya karena kalau terkena patukan pada kulitnya yang akan ditumbuhi bulu ini akan rasanya sakit sekali baginya. Dalam kondisi ini, ayam aduan yang mabung akan merasa tidak nyaman jika disentuh apalagi untuk di abarkan.

Ayam aduan yang mengalami mabung coba untuk pertemukan ayam yang mudah darinya, biasanya ayam tersebut akan diam, lemas tenaganya dan tidak agresif lagi. Ayam mabung tersebut akan mulai berlari pada beberapa menit kemudian.

Kondisi seperti ini sudah banyak yang membuktikannya, ayam mabung akan tidak rewel lagi dan lebih enak kita dalam mengurusnya. Selanjutnya ialah tips merontokan bulu pada ayam yang mabung dengan cepat. Tenang saja tips ini sangat aman untuk di praktekan sehingga para penggemar adu ayam bisa mencobanya dirumah.

Berikut tips merontokan bulu pada ayam mabung, antara lain :

  • Anda dapat mengurung ayam yang mabung di kandang dengan menutupnya dengan kain. tips ini sama seperti saat mengurung burung murai dengan kain.
  • Setelah itu biarkan hingga seminggu lamanya tanpa harus memindahkan kurungan tersebut. Saat ayam yang mabung lapar saja boleh dibuka kainnya, namun selebihnya jangan pernah untuk melakukannya.
  • Berikan udang rebon ayam proses mabungnya lebih cepat.
  • Pastinya banyka kotoran ayam yang akan terlihat jika sudah lama didalam kurungan. Cukup dibiarkan saja, tidak perlu di bersihkan. Apabila dibersihkan udara luar akan masuk dan tidak hangat lagi didalamnya. Karena kehangatan inilah membuat butuh ayam menjadi lembab dan lebih cepat proses mabungnya.
  • Jika dalam seminggu ayam yang terkena mabung sudah rontok semua dan mulai tumbuh bulu yang baru, maka kain krakap sudah dapat dilepas.
  • Agar pertumbuhan bulunya lebih cepat, berikan mnyak ikan 1 butir selama 3 hari. Jika diberikan terlalu berlebihan, nanti bulu ayam akan menjadi lebih halus dan lemas.

Demikianlah ulasan diatas mengenai tips merontokan bulu pada ayam mabung dengan cepat. Semoga bias dijadikan sebuah referensi bagi ayam kesayangannya mengalami mabung dan ingin mempercepat proses mabungnya tersebut, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply