Get Adobe Flash player

Tips Mengatasi Ayam Kalkun Terhindar Dari Penyakit

Tips Mengatasi Ayam Kalkun Terhindar Dari Penyakit

Adu ayam – Para peternak ayam pastinya sudah lebih berhati-hati terhadap berbagai penyakit-penyakit yang bisa menyerang ayam kesayangannya, terutama yang mempunyai ayam kalkun ini. Ayam kalkun mempunyai postur tubuh bongsor serta jika dibandingankan dengan ayam pada umumnya pasti sangat berbeda, ada yang yang membuat peternak kalkun ini kwalahan yaitu sering terkena penyakit apalagi terkena cuaca yang sering berganti tanpa menentu membuat suhu badan ayam kalkun menurun sehingga menyebabkan sakit.

Karena itu peternak kalkun harus lebih cermat dalam memperhatikan ayam kesayangannya agar bisa melakukan penanganan segera mungkin jika penyakit tersebut menerpah ayam anda. Tidak hanya kalkun saja, jenis unggas seperti ayam yang bertarung sabung ayam dan bebek yang  sering menjadi target sasaran penyakit meskipun tingkatnya tidak sebesar ayam kalkun ini.

Apabila ayam kalkun terkena sebuah penyakit akan mudah mati apalagi penyakit yang dapat menjalur dari unggas lain ke lainnya seperti memalui kotoran, kandang tidak bersih, saat mengeram telur, penetasan dan lain sebagainya.

Ayam kalkun yang terkena penyakit bisa kita kenali dengan mudah seperti ayam tidak bersemangat, badan bergetaran, suka mengantuk, menundukan kepalanya, lelah, diare dan bengkak pada lututnya. Ada tips untuk mengatasi ayam kalkun terhindar dari penyakit, sebelum penyakit tersebut menyerang ayam kalkun anda.

Berikut tips mengatasi ayam kalkun terhindar dari penyakit, antara lain:

  • Berikan antiseptik disuluruh sisi kandang agar tidak terjangkit bakteri yang berbahaya serta mencengah hewan lain yang akan masuk kedalamnya agar tidak terjadi penularan terhadap ayam kalkun anda.
  • Kandang ayam kalkun harus menarik untuk ayam dan nyaman untuknya agar tidak mudah stres, jumlah ayam kalkunnya juga harus diperhitungkan. Apabila terlalu banyak akan lebih mudah muncul penularan jadi mereka saling merebut udara didalam karena kebanyakan populasinya. Berikan ventilasi yang cukup juga pada kandang agar udara segar dapat masuk kedalam dan keluar.
  • Rutin dalam membersihkan kandangnya menggunakan antiseptik paling kurang 4 hari sekali agar bakteri jahat bisa mati dan tidak menular ke ayam kalkun anda.

Demikianlah ulasan diatas mengenai tips mengatasi ayam kalkun terhindari dari penyakit. Semoga dapat bermanfaat untuk para peternak ayam kalkun agar ayam kesayangan anda selalu sehat selalu, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply