Get Adobe Flash player

^ Tips Memilih Ayam Petarung Disaat Tarung Abar ^

Pada umumnya memilih ayam aduan Bangkok dilakukan dari pengamatan ciri fisknya yang bagus dan memiliki ukuran yang dijadikan acuan dalam memilih ayam petarung tersebut. Tapi, bagi sebagian besar penggemar sabung ayam, cara memilih ayam petarung berdasarkan pengamatan ketika bertarung abar dilakukan akan lebih terasa puas dan meyakinkan dalam menentukan pilihan tersebut. Adapun hal utama yang harus diamati dalam cara memilih ayam petarug berdasarkan pengamatan ketika bertarung abar berlangsung, yaitu :

 

* PUKULAN

Yang pertama selalu diperhatikan ketika ayam aduan sedang berlaga atau diabar adalah pukulan dan jalu/ taji. Ayam laga biasanya memenangkan pertarungan karena senjata andalannya yaitu pukulan kaki atau serangan tajinya yang akurat dan keras berhasil melumpuhkan lawannya. Pada umumnya yang diamati adalah pukulan yang akurat dan kuat (jarang meleset) dan variasi pukulan dari berbagai arah serta pukulannya yang agresif. Bagi sebagian penggemar adu ayam yang pengalaman, akan lebih cenderung memilih ayam petarung yang mempunyai pukulan telak, gencar, serta keras mematikan. Lebih disenangi lagi apabila mempunyai kombinasi serangan taji jitu sekaligus. Dalam waktu abar 10-15 menit sudah dapat diketahui jenis pukulan ayam laga tersebut.

 

* GAYA BERTARUNG

Dalam bertarung, serangan pukulan ayam aduan berlangsung sangat cepat sekali dan selalu dengan gerakan lompat pukul dari berbagai arah. Ada juga yang melakukan berbagai manuver dan gerakan, dengan cara berlari, berputar bahka ada yang mendorong leher atau badan ayam lawan dan mematuk sambil mencari posisi untuk melontarkan pukulan. Selain gaya bertarung dan teknik pukul, harus diperhatikan juga bagaimana teknik cara ayam laga tersebut menghindari pukulan lawannya. Teknik dan gaya bertarung ayam aduan akan terlihat setelah pertarungan telah berjalan 10 menit, ketika ayam laga mulai kelelahan gaya bertarungnya akan terlihat sangat jelas, apakah gaya tarung atas bawah. Pada saat itulah akan terlihat apakah kepalanya memang sulit dipukul atau malah sebaliknya mudah kena pukulan, serta apakah mmepunyai teknik tertentu seperti teknik mengunci atau teknik mengontrol.

 

* KECEPATAN

Dalam bertarung ayam aduan umumnya saling berupaya mematuk kepala lawannya, dalam hal tersebut kecepatan gerakan ayam aduan secara keseluruhan sangat diperlukan. Terutama kecepatan dalam pergerakan berbalik badan sambil melontarkan pukulan yang keras, cepat dan terarah. Pada umunya ayam aduan yang memiliki gerakan yang cepat dan gesit lebih cenderung mendominasi jalannya pertandingan. Dan dengan begerak cepat akan lebih sulit dimukul lawannya.

 

* STAMINA

Untuk bisa menjadi pemenang dalam pertandingan, stamina ayam laga sangat penting untuk diperhatikan. Hal tersebut dikarenakan untuk menunjang kecepatannya, kekuatan pukulan dalam gaya bertarungnya diperlukan stamina yang kuat. Karena terus menyerang dan bergerak cepat, ayam petarung bisa kelelahan dan lemas, maka akan terbuka cela bagi ayam lawan untuk diserang. Dalam hal stamina ini sangat berperan dalam menghindarkan pukulan dan daya tahan terhadap pukulan. Apabila 10 menit bertarung abar berlangsung ayam laga terlihat ngos-ngosan yang berlebihan, bahkan susah mengambil nafas, kehilangan gaya bertarung, paruhnya terbuka lebar sehingga sulit mematuk, hal tersebut menandakan stamina ayam petarung tersebut sudah sangat lemah sekali.

 

Baca Juga : Cara Mudah Menganalisa Gaya Bertarung Ayam-Ayam Aduan

 

* MENTAL

Dalam bertarung abar bisa terlihat kesiapan mental ayam petarung, ayam laga yang bermental kuat akan tampil sangat agresif dari awal pertama hingga akhir pertandingan tanpa adanya penurunan atau perubahan gaya bertarungnya, sedangkan ayam laga yang belum siap dalam mentalnya, ketika pertarungan sedang berjalan dan masih imbang, secara tiba-tiba akan berubah gaya bertarungnya. Hal tersebut dapat dilihat dari gerakan yang sangat berubah, menjadi pasif serta lebih banyak menyembunyikan kepalanya dibawah sayap lawannya. Mental ayam petarung yang tangguh akan terlihat di arena laga, meskipun kalah dalam abar, tidak akan lari, namun tetap diam, duduk atau tergelatak mati di arena saja.

Leave a Reply