Get Adobe Flash player

Tips Dan Cara Memilih Bibit Ayam Bangkok Yang Berkualitas Juara

Pemilihan bibit ayam bangkok yang berkualitas juara yang kurang dari 3 bulan sangatlah sulit dilakukan jika hanya dilihat dari sekilas mata saja, hal ini dikarenakan ciri–ciri standar adu ayam bangkok seperti bulu, kepala, dada, ekor dan bagian–bagian tubuh lainnya belum tumbuh secara maksimal.

Berikut di bawah ini akan kami berikan tips dan cara pemilihan bibit ayam bangkok yang berkualitas juara yang kurang dari 3 bulan dapat Anda lakukan dengan hal-hal  berikut ini:

  1. Pengamatan Berebut Makan

Untuk melakukan uji coba tips dan cara berikut ini Anda harus membiarkan sekumpulan bibit ayam bangkok tersebut kelaparan. Kemudian letakan mereka dalam kurungan besar, lalu Anda bisa berikan makanan kepada bibit ayam bangkok tersebut berupa pur kering diatas lantai kurungan secara terpusat. Dengan begitu secara otomatis bibit ayam bangkok tersebut akan berebut makanan itu.

Sekarang Anda tinggal perhatikan secara seksama cara bibit ayam bangkok itu saling mendorong, mendesak dan menekan teman-temannya. Hanya bibit – bibit yang berkualitas juaralah yang dapat menempati posisi terbaik.

  1. Pengamatan Kuda–Kuda

Pengamatan dengan cara ini bisa dilakukan dengan cara yang sama dengan pengamatan pertama yang telah Anda lakukan sebelumnya, namun yang berbeda adalah Anda harus memperhatikan kuda–kuda bibit-bibit ayam bangkok tersebut. Kuda–kuda dari ayam bangkok yang dewasa biasanya dapat dibentuk dari latihan.

Namun berbeda dengan bibit ayam bangkok yang berusia kurang dari 3 bulan ini. Jika Anda melihat kuda–kuda bibit ayam bangkok yang sudut tekukan lutut dan jari–jarinya kokoh atau sudah menyerupai ayam bangkok yang dewasa yang sedang bertarung, maka bibit ayam bangkok tersebut adalah bibit ayam bangkok yang berkualitas juara yang Anda sedang cari.

  1. Pengamatan Cara Minum

Jika kita perhatikan dengan seksama, cara minum bibit ayam bangkok yang berkualitas juara akan terlihat berbeda dengan cara bibit ayam bangkok pada biasanya. Bibit ayam bangkok yang berkualitas juara biasanya akan mengangkat kepalanya tinggi–tinggi sambil membusungkan dadanya depan, sedangkan kalau bibit ayam bangkok yang biasa hanya mengangkat kepalanya sedikit dan menyosor ke tempat minumnya.

  1. Pengamatan Warna Paruh Dan Kaki

Meski belum terbentuk dengan sempurna, sisik di kaki dan paruh bibit ayam bangkok juga dapat menjadi indikator kualitas bertarungnya. Bibit calon jawara biasanya memiliki warna kuning yang tembus. Yang dimaksud dengan tembus adalah warna paruh dan sisik–sisik kakinya sama warna. Namun dalam pengamatan ini Anda dituntut untuk sangat jeli dan teliti dalam menentukan tingkat warna di paruh dan sisik di kakinya.

  1. Memperhatikan Garis Keturunan

Usahakanlah untuk memilih bibit ayam bangkok yang dilahirkan dari indukan yang berkualitas juara, baik jantan maupun betinanya. Trah juara dari induk jantan sangatlah penting dalam peranan genetiknya untuk melahirkan keturunan ayam bangkok yang berkualitas juara.

Sekian dari informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips dan cara memilih bibit ayam bangkok yang berkualitas juara, semoga dengan informasi ini dapat menambah wawasan Anda mengenai sabung ayam dan dapat bermanfaat untuk Anda yang sedang beternak bibit-bibit dari ayam bangkok

Leave a Reply