Get Adobe Flash player

Terungkap! Beginilah Cara Mempercepat Tumbuhnya Taji Yang Tajam Pada Ayam Aduan

Ayam aduan bangkok dikenal sebagai petarung yang tangguh. Dan memiliki ayam aduan bangkok yang berkualitas terbaik merupakan cita-cita dari para penghobies dan pecinta sabung ayam aduan bangkok.

Taji atau Jalu merupakan hiasan sekaligus senjata pada ayam jantan. Karena secara alamiah, jalu digunakan untuk memukul lawan atau memukul benda keras yang dirasa membahayakan ayam.

Ciri-ciri dari ayam yang akan tumbuh jalu biasanya akan tumbuhnya benjolan dan kelak dewasa akan muncul jalu, tergantung dari genetik ayam itu sendiri. Karena ada pula jenis ayam yang tidak punya jalu seperti jalu lepek sehingga tak akan pernah tumbuh jalu pada ayam tersebut. Ayam aduan bangkok tersebut sangat membutuhkan pemeliharaan dan perawatan jalu yang sangat baik. Akan tetapi, jika dalam pemeliharaan dan perawatan tersebut salah, maka akan terasa dampak yang akan ditimbulkan pada ayam aduan bangkok ini nantinya seperti tumbuhnya arah jalu yang tidak sesuai dengan keinginan maka akan terjadi kurang keras, kurang runcing dan lain sebagainya.

Dalam hal mempercepat tumbuhnya jalu, sebelum ayam aduan bangkok jago layak dijadikan sebagai adu ayam aduan, maka hendaknya biarkanlah jalu tumbuh dengan sendirinya. Jalu ayam aduan memiliki 2 lapisan dimana lapisan yang paling luar adlaah tulang yang bersifat keras sedangkan bagian dalamnya bersifat lunak. Akan tetapi, setelah umur ayam aduan bangkok telah menjadi dewasa atau jago layak di adu, maka jalu bisa dibentuk dan diarahkan dengan perawatan dan pemeliharaan agar sesuai dengan selera kita.

Cara-Cara Yang Dapat Dilakukan Untuk Mempercepat tumbuhnya Jalu atau Taji Adalah Sebagai Berikut :

 

  1. Ketika Usia ayam aduan berumur sekitar 5 sampai 6 bulan, maka bakalan jalu dikupas kemudian dibersihkan pinggiran jalu tersebut dengan menggunakan amplas agar petumbuhan jalu tidak akan terhambat.

 

  1. Mencorek dengan kuku pada pangkal jalu dan arahkan sesuai dengan keinginan kemudian dioelsi dengan menggunakan mentega, sehingga jalu akan cepat tumbuh dan lebih besar.

 

  1. Melakukan pemberian buah belimbing wuluh pada batang atau pangkal jalu untuk berfungsi sebagai perangsang pertumbuhannya jalu supaya akan lebih cepat tumbuh.

 

  1. Memberikan bawang putih atau kunir agar jalu semakin padat, kuat, keras dan kokoh.

 

Pengamplesan jalu hendaknya dilakukan secara berkala dan dikontrol terus menerus secara kontinyu agar arah tumbuhnya sesuai dengan apa yang kita harapkan, karena itu alangkah baiknya jika pengasah jalu harus selalu diperhatikan.

Sekian artikel ini kami rangkum untuk anda. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk anda semua pecinta ayam aduan.

Leave a Reply