Get Adobe Flash player

Seputar Info Mengenai Penyakit Snot Pada Ayam Petarung

snot pada ayam

Sabung Ayam – Penyakit snot ini biasanya diakibatkan oleh bakteri Haemophillus Gallinarum. Penyakit yang satu ini bisa menyerang semua usia ayam petarung, terutama pada anak ayam petarung yang masih kecil. Penyakit snot ini biasanya muncul akibat dari perubahan cuaca yang ekstrim dan banyak ditemukan di daerah – daerah tropis. Perubahan musim biasanya bisa mempengaruhi kesehatan seekor ayam petarung.

  • Cara Penularan

Bakteri yang satu ini hanya bisa bertahan diluar induk ayam hanya sekitar 12 jam saja dan bisa ditular melalui kontak langsung dengan ayam petarung yang sakit, udara, tempat makan, dan petugas kandang.

  • Gejala

Biasanya ayam petarung yang terjangkit penyaki snot ini akan menimbulkan gejala – gejala seperti mata berbusa, terlihat mengantuk, lendir yang keluar dari hidung, pembengkakan di daerah sinus, ada kerak di dalam hidung, nafsu makan berkurang, suka ngorok, sulit untuk bernafas, pertumbuhannya menjadi lambat.

  • Pengobatan

Untuk mengobati penyaki snot pada adu ayam adalah dengan cara memberikan preparat sulfat seperti sulfadimethoxine atau sulfathazole. Pemberian sulfonamida ini bisa Anda campurkan dengan tetrasiklin yang bisa Anda berikan melalui air minum ayam petarung tersebut atau langsung menyuntikkannya ke dalam mulut ayam petarung tersebut.

  • Pencegahan

Cara untuk mencegah penyakit snot ini bisa Anda lakukan dengan cara menjaga kebersihan dari kandang ayam petarung tersebut dan lingkungan yang disekitarnya. Kandang ayam petarung sebaiknya langsung terkena sinar matahari supaya untuk menghindari kelembapan pada kandang tersebut. Suatu kandang ayam yang lembab bisa mengakibatkan penyakit yang bisa menyerang ayam petarung tersebut.

Baca Ini : 8 Tips Untuk Memilih Indukan Ayam Bangkok Betina Dengan Benar

Demikian akhir dari informasi yang dapat kami berikan kepada Anda mengenai seputar info mengenai penyakit snot pada ayam petarung, semoga dengan informasi yang dapat kami berikan ini bisa bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari sebuah informasi seputar dunia sabung ayam.

Leave a Reply