Get Adobe Flash player

Sekilas Mengenai Ayam Black Sumatra Asli Dari Indonesia

Sekilas Mengenai Ayam Black Sumatra Asli Dari Indonesia

Sabung Ayam – Sekarang ini ayam black sumatra ini sudah dinyatakan punah atau tidak bisa ditemukan lagi dimana keberadaannya yakni di Pulau Sumatra habitat aslinya. Memang sayang sekali, seharusnya ayam black sumatra ini bisa dilestarikan dan dibudidayakan dengan baik oleh Indonesia, karena ayam ini juga merupakan aset penting bagi suatu negara. Seperti halnya di negara lain seperti Thailand, Vietnam, dan Myanmar yang kelestariannya jenis – jenis ayamnya tetap dijaga dengan baik yang sampai saat ini masih tetap ada. Jenis – jenis ayam tersebut ayam bangkok, ayam saigon dan ayam birma yang seperti kita kenal sekarang ini.

Harusnya ayam yang satu ini bisa menjadi suatu kebanggaan bagi Indonesia, tetapi malah sudah punah. Malahan di negara lainnya yang bukan merupakan habitat aslinya ayam ini masih terdapat di sana. Hal ini bisa terjadi karena mereka membawanya untuk dibudidayakan di sana. Ayam ini dibudidayakan karena bulunya yang unik, warna dan sosoknya yang sangat terlihat perkasa. Melalui salah satu catatan yang ada di Amerika Serikat pada tahun 1883, ayam black sumatra ini ditetap sebagai salah satu jenis adu ayam dan ayam hias.

 

Sekilas Mengenai Ayam Black Sumatra Asli Dari Indonesia

 

 

Ayam black sumatra ini pertama kalinya di ekspor ke Amerika dan Eropa pada tahun 1883 yang akan dijadikan sebagai adu ayam. Hal yang paling luar biasa adalah ayam ini masih tetap ada keberadaannya di sana dan tetap terjaga kemurniannya. Hal seperti ini bisa terjadi karena orang – orang yang ada di sana berusaha untuk membudidayakan dan melestarikannya ini secara murni dan tidak mengkawin silangkannya dengan ayam lainnya. Meskipun tetap dikawin silangkan dengan ayam lainnya, tetapi kelestariannya tetap bisa mereka jaga dengan murni.

Berat badan yang bisa dicapai oleh ayam yang satu ini adalah sekitar 4 sampai 5 kg untuk yang jantannya. Yang anehnya di sini adalah meskipun ayam black sumatra asli dari Indonesia, akan tetapi ayam ini tidak memiliki pial seperti kebanyakan ayam lokal lainnya. Tetapi ayam ini masih memiliki keunikannya yang lainnya yaitu taji dari ayam ini bisa tumbuh lebih dari satu dan keunikannya ini hanya dimiliki oleh ayam black sumatra ini.

Baca Ini : Bukti Dari Ciri Adu Ayam Bangkok Yang Mematikan

Sekian informasi mengenai ayam black sumatra asli dari Indonesia ini semoga bisa menambah pengetahuan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply