Get Adobe Flash player

Sekilas Info Mengenai Berbagai Jenis Ayam Suro Yang Melegenda

Bagi para pecinta adu ayam pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ayam suro. Ayam petarung yang satu ini dipercaya memiliki kekuatan mistis tersendiri.

Ayam suro dipercaya memiliki derajat yang lebih tinggi dari ayam petarung jenis lainnya. Ayam suro sangat erat hubungannya dengan hal – hal yang berbau mistis. Di Indonesia sendiri, ayam suro telah menjadi incaran dari berbagai kalangan pecinta sabung ayam.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas sekilas informasi mengenai berbagai jenis ayam suro yang melegenda yang bisa Anda simak berikut ini:

  • Ayam Suro Cempaka

Jenis ayam suri yang satu ini memiliki ciri khas warna bulu yang berwarna putih kehijauan. Sering juga disebut dengan wido cempaka. Jalu pada ayam suro yang satu ini biasanya melengkung ke tas atau biasa yang dikenal dengan sebutan jalu cantel. Jengger dari jenis ayam suro ini terbelah 3 bagian atau biasanya yang  mudah dikenal dengan jengger tigan.

  • Ayam Suro Ireng

Warna hitam ini merupakan ciri khas dari ayam suro ireng, warna ujung kepala sampai ujung kakinya semuanya berwarna hitam. Bulu hiasnya yang berwarna merah hati ini atau biasanya yang lebih dikenal dengan sebutan ules galih. Ukuran jalunya juga panjang tetapi tumpul.

  • Ayam Suro Bungkus

Ayam suro bungkus ini memiliki bulu blorok, jalu bungkus yang berwarna hitam dengan ciri khas benjolan pada bagian bawah jalunya. Jenis ayam suro yang satu ini memiliki pukulan yang sangat mematikan.

  • Ayam Suro Kopyor

Jenis ayam suro yang satu ini biasanya jika diangkat dan digoyang – goyang, maka akan menimbulkan suara air dari dalam tubuhnya. Ayam suro kopyor ini memiliki kekuatan utama yang patut diacungi jempol yaitu tahan pukul terhadap pukulan yang didaratkan oleh lawannya.

  • Ayam Suro Pengantin

Ayam suro pengantin memiliki dua bulu ekor yang lebih panjang dari bulu lainnya. Pukulan yang dimiliki oleh jenis ayam suro yang satu ini sangat akurat dan sangat agresif serta pandai dalam menghindari serangan lawannya.

  • Ayam Suro Dukun

Ayam suro dukun adalah salah satu jenis ayam suro yang sangat mematikan, jenis ayam suro yang satu ini dipercaya memiliki pukulan yang mampu untuk merusak syaraf otak lawanya hanya dengan sekali pukul saja.

  • Ayam Suro Petir

Ciri khas dari ayam suro petir ini adalah ayam suro petir ini memiliki sisik di bagian jari tengahnya yang pecah dan terbelah menjadi dua. Pukulan dari jenis ayam suro yang satu ini sangat menyakitkan dan akan terasa pedas jike mengenainya.

  • Ayam Suro Tanjung Karang

Taji yang dimiliki oleh ayam suro tanjung karang ini sangat tersusun rapi. Pukulan yang dimilikinya pun sangat keras dan sering mengejutkan lawannya.

  • Ayam Suro Teleh

Ayam suro teleh ini memiliki ciri khasnya tersendiri yaitu terdapat dua kantong nasi atau teleh. Keunggulan yang dimiliki oleh jenis ayam suro yang satu ini adalah mental bertarungnya yang tidak gentar dan akan bertarung sampai titik darah penghabisan.

Sekian dari informasi yang dapat kami sampaikan mengenai sekilas info mengenai berbagai jenis ayam suro yang melegenda, semoga dengan informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda sera bisa untuk menambah wawasan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply