Get Adobe Flash player

Sekilas Info Mengenai Ayam Gaok Yang Berasal Dari Madura

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kota Madura. Selain dikenal dengan karapan sapinya, Madura juga memiliki tradisi adu ayam yang cukup kental juga. Sabung ayam dipercaya sudah digemari oleh masyarakat setemapt sejak lama.

Oleh karena itu, sudah tidak heran lagi, walaupun tidak banyak, terdapat beberapa ayam petarung yang berasal dari kota Madura. Maka dari itu pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas sekilas informasi mengenai ayam gaok yang berasal dari Madura yang bisa Anda simak berikut ini.

Sebenarnya ayam gaok bukan merupakan ayam asli asal Madura, melainkan ayam petarung dari luar Madura yang diternak di Madura dan menghasilkan beberapa anakan baru yang kemudian dianggap menjadi ayam asli asal Madura.

Akan tetapi, ada juga beberapa ayam petarung yang memang benar – benar asli berasal dari Madura. Ayam gaok merupakan ayam petarung dengan kemampuan bertarung yang rata – rata saja. Sehingga kemungkinan besar bukan merupakan saingan bagi ayam petarung yang handal seperti ayam bangkok.

Ayam gaok ini memiliki tubuh yang besar, tegap dan terlihat atletis. Ayam gaok yang jantan pada umumnya memiliki bulu yang berwarna putih dengan perpaduan hijau dan hitam. Ayam gaok sering juga digunakan sebagai ayam pedaging. Sangat disayangkan jika potensi dari ayam gaok ini disia – siakan, karena ayam gaok memiliki postur badan yang sangat mendukung untuk dijadikan sebagai ayam petarung.

Salah satu alasan mengapa ayam gaok ini dijadikan sebagai ayam pedaging adalah karena pertumbuhan ayam gaok ini yang lebih cepat dari ayam jenis lainnya. Ayam gaok bisa tumbuh dan memiliki berat badan yang bisa mencapai 4 kg. Sedangkan ayam gaok yang betina mampu untuk memproduksi 50 butir telur per tahun.

Karena beberapa alasan tersebut, ayam gaok ini jarang dijadikan sebagai ayam petarung oleh para pecinta sabung ayam setempat. Masyarakat di sana lebih sering memilih ayam bangkok madura yang merupakan hasil dari kawin silang antara ayam bangkok dengan ayam gaok.

Ayam gaok sampai saat ini masih belum menjadi pilihan utama para pecinta sabung ayam, akan tetapi bukan tidak mungkin bahwa ayam gaok ini bisa menjadi salah satu ayam petarung dengan pamor seperti ayam petarung jenis lainnya. Tentu saja sangat dibutuhkan hasil kawin silang yang baik dari ayam gaok dengan ayam petarung jenis lainnya yang tidak begitu dominan secara genetik.

Sekian dari informasi yang dapat kami sampaikan mengenai sekilas info mengenai ayam gaok yang berasal dari Madura, semoga dengan informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda serta bisa untuk menambah wawasan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply