Get Adobe Flash player

^ Sejarah Mengenai Ayam Aduan Siam Bangkok Yang Sangat Terkenal ^

Ayam Aduan Bangkok Siam Adalah Merupakan Ayam Petarung Yang Paling Terkenal Sejak Dahulu

Menurut dari informasi yang admin dapatkan, sekitar satu abad yang lalu, masyarakat Thailand berhasil menemukan jagoan barunya yang disebut dengan king’s chicken. Ayam tersebut memiliki gerakan sangat cepat, pukulan yang sangat mematikan, serta mempunyai inisiatif pergerakan disaat bertarung. Para pesabung ayam dari negara China menyebut ayam tersebut sebagai Leung Hang Qhao. Namun dalam negeri sendiri, ia sangat dikenal sebagai ayam aduan bangkok. Dari informasi yang admin peroleh, ayam aduan jenis yang baru ini telah sukses mengalahkan hampir seluruh ayam aduan domestik di China. Inilah yang mendorong masyarakat China menjelajahi hutan hanya untuk mencari ayam aduan asli yang akan dikawin silangkan dengan ayam aduan bangkok tadinya. Harapannya, ayam aduan silangan tersebut mampu menumbangkan keperkasaan jagoan dari Thailand-nya. Konon, dalam jaman enam puluhan di Laos muncul sebuah strain ayam aduan yang baru yang sanggup menyaingi kejayaan ayam aduan bangkok. Tetapi sesudah terjadi perkawinan silang yang terus-terusan maka hampir tidak diketahui lagi perbedaan antara ayam laga Laos dengan ayam aduan bangkok dari Thailand.

 

Dalam Thailand serta Laos, terdapat beberapa nama pesabung ayam yang patut dicatat, seperti Vaj Kub, Xiong Cha Is serta Kolonel Ly Xab. Pada tahun 1975, ayam aduan bangkok miliki Vaj Kub hampir merajai Nampang, arena sabung ayam yang cukup bergengsi dalam negeri PM Thaksin Sinawatra tersebut. Ayam aduan yang bernama Bay tersebut adalah merupakan salah satu hasil tangan dingin Vaj Kub dalam melatih serta mencari bibit ayam laga yang handal. Kejayaan ayam aduan hasil ternakan Vaj Kub telah berhasil disaingi rekan sejawatnya dari kota Socra, Malaysia. Mereka berasal dari negara jiran tersebut sanggup menelurkan indukan yang lebih unggul. Hanya saja, dalam generasi selanjutnya, sorang yang bernama Mr. Thao Chai berasal dari Thailand telah berhasil menumbangkan dominasi dari peternak Malaysia. Mr. Thao memberikan nama jagoan barunya tersebut, Diamond atau Van Phet.

Menurut dari Iwan, Thailand memang tidak harus diragukan lagi sebagai negara penghasil ayam aduan bangkok paling unggul. Justru sektor tersebut telah diakui sebagai penambah devisa negeri gajah putih tersebut. Dari Thailand bisni ayam petarung tersebut tidak hanya merambah kawasan Asia Tenggara, tetapi juga meluas hingga ke Meksiko, Amerika Serikat, serta Inggris. Ada terdapat sebuah kebiasaan yang sangat berbeda antara menyabung ayam Thailand dengan adu ayam Indonesia. Di Thailand, ayam aduan yang berlaga tidak diperbolehkan menggunakan taji atau jalu. Alhasil, ayam aduan yang dilaga tersebut jarang ada yang mati. Kebalikannya dalam Indonesia, ayam petarung tersebut justru dipasangkan taji yang sangat tajam.  Taji ini justru menjadi sebuah senjata pembunuh musuh dalam arena.

 

Baca Juga : Mengenal Ayam Siam Shamo Atau Ayam Asli Jepang

 

Dalam Indonesia, hobi menyabung ayam telah lama dikenal, sekitar sejak dari jaman Kerajaan Majapahit. Kita juga mengetahui beberapa cerita rakyat yang melegenda tentang sabung ayam tersebut,  seperti cerita Cinderelas, Ciung Wanara, serta Kamandaka. Cerita rakyat tersebut berkaitan erat dengan kisah dari sejarah serta petuah yang disampaikan dengan turun-temurun. Kota Tuban, Jawa Timur dipercaya sebagai kota yang berperan dalam perkembangannya ayam petarung. Disinilah, ayam aduan bangkok kali pertama diperkenalkan dalam negara kita. Tidak adanya keterangan yang dapat menyebutkan perihal siapakah yang pertama kali mengintroduksi ayam aduan bangkok asal Thailand. Sebenarnya, jenis ayam petarung dari dalam negeri (lokal) tidak kalah beragamnya, seperti ayam aduan Wareng (Madura) serta ayam aduan Kinantan (Sumatra). Tetapi ayam-ayam tersebut masih belum sanggup menyaingin kejayaan ayam aduan bangkok.

Leave a Reply