Get Adobe Flash player

Proses Pembentukan Petarung Adu Ayam Pada Masa Bibit

Proses Pembentukan Petarung Adu Ayam Pada Masa Bibit

Proses Pembentukan Petarung Adu Ayam Pada Masa Bibit

 

Proses Pembentukan Ayam Jagoan Adu Ayam Pada Masa Bibit

Sabung Ayam – Bila kita berbicara sabung ayam, maka kita secara otomatis akan berbicara yang namanya pertarungan antar ayam. Selama ini kita hanya memfokuskan diri terhadap sabung ayam tanpa memikirkan seperti apa proses yang sebenarnya terjadi sebelum sabung ayam dapat dilaksanakan.

Untuk itu, disini kita akan membahas proses pembentukan dari ayam adu pada masa dirinya masih dalam proses usia bibit. Tanpa melalui masa ini, maka mustahil bagi ayam adu untuk bisa menjadi ayam adu sejati dan menjadi juara pada pertandingan adu ayam.

Ayam adu yang berkualitas hanya bisa kita dapatkan dari bibit yang berkualitas. Dimana faktor turunan memiliki peran yang signifikan bagi peternak ayam adu. Bibit yang dihasilkan dari ayam juara akan berkemungkinan bisa memiliki sifat ataupun prestasi yang dimiliki oleh induknya. Bila sang induk memiliki tubuh yang keras dan loncatan yang tinggi, maka sang bibit saat besar juga besar kemungkinan bisa seperti itu dengan potensi yang bisa melebihi induknya.

Bibit Ayam Adu Terbaik dan Masa Prosesnya

Nah, bibit yang akan menjadi ayam adu yang berkualitas harus berkriteria seperti :

1. Merupakan turunan dari ayam adu yang berkualitas tinggi.
2. Terlahir dalam kondisi dan keadaan tubuh yang sehat dan tidak cacat.
3. Memiliki fisik yang sempurna dan kebal dari penyakit.

Pada proses bibit ini, hal yang harus dilakukan oleh peternak tidak banyak. Tetapi, yang dilakukan ini akan sepenuhnya akan berhubungan dengan kelangsungan hidup dari sang bibit. Dimana proses pemberian pakan bagi bibit serta lingkungan hidup akan menjadi fokus utama kita. Pemberian pakan tentu saja untuk mempercepat pertumbuhan bibit hingga memiliki tubuh yang sehat dan kuat. Sedangkan lingkungan hidup berupa tempat sang bibit berada setiap harinya. Kandang dan lingkungan yang sehat, bersih, dan terlindungi akan membuat bibit dapat bertahan hidup hingga nantinya kita bisa melihat potensi yang dimilikinya.

Dalam perawatan bibit ayam, bila anda memisahkan sang bibit dengan sang induk, maka pastikan bahwa kandang yang akan ditempat bibit haruslah memiliki penghangat ruangannya dan sebisa mungkin kandang memiliki fasilitas penganginan yang cukup dan sesuai. Sehingga sang bibit tidak merasa kedinginan, kepanasan ataupun kekurangan oksigen.

Bibit yang bisa bertahan dan berhasil melewati proses inilah nantinya yang akan menunjukkan kualitasnya. Dan pada usia ayam bibit telah mencapai umur 6 bulan, maka itulah saatnya anda sudah bisa menentukan ayam mana yang berpotensi untuk menjadi jagoan pada pertandingan sabung ayam. Ayam yang berpotensi tersebut harus anda berikan perhatian extra dan perawatan yang lebih. Pemberian latihan berkala juga harus anda lakukan pada bibit tersebut hingga akhirnya akan menjadi ayam adu yang berkualitas tinggi dan siap untuk menjadi jagoan.

Baca juga : Latihan Adu Ayam Terbaik Bagi Ayam Jagoan Anda

Leave a Reply