Get Adobe Flash player

^ Perpaduan Genetika Yang Bisa Dilakukan Pada Unggas ^

Kadang kala muncul sebuah pertanyaan mengapa hasil ternak ayam yang diperoleh setiap saat justru semakin menurun dalam kualitasnya. Padahal sabung ayam indukannya tersebut sama dengan ayam indukan pertama kali yang berkualitas juga. Bagi para peternak pemula umumnya sangat fanatik sekali dengan namanya ayam trah unggulan atau indukan paling berkualitas. Para peternak pemula ingin sekali beranggapan bahwa dengan mengkawin silangkan ayam berkualitas juara dengan ayam indukan juara juga maka dapat menghasilkan ayam aduan yang berkualitas baik. Tetapi kadang kala ada juga yang menghasilkan anakan yang berkualitas rendah dari hasil kawin silang tersebut. Mengapa hal begitu dapat terjadi?

Faktor yang menyebabkan terjadi hal tersebut umumnya dikarenakan adu ayam indukannya tidak mempunyai geno-type yang sesuai serta tercampur. Oleh sebab itu anda membutuhkan ternak dengan perpaduan genetik yang mempunyai seragam serta pola genetika yang baik. Ketahuilah beberapa istilah yang dipergunakan untuk perpaduan genetika yang mungkin bermanfaat untuk anda :

 

* Inbreed : Adalah merupakan perpaduan antara dua jenis individu yang mempunyai hubungan darah yang dekat sekali atau juga bisa dikatakan : Ibu dengan anakan, ayah dengan anakan, serta anakan dengan anakan.

 

* Line Breed :  Adalah merupakan perpaduan dari individu yang mempunyai hubungan darah yang tidak terlalu jauh, contohnya : Kakek dan cucu, paman dan keponakan, bibi dan keponakan, serta lainnya.

 

* Cross Breed : Perpaduan yang satu ini dapat dikatakan dengan perpaduan tanpa tanpa ada hubungan darah atau mempunyai hubungan darah yang jauh sekali.

 

* Super Breed : Indukan individu ayam yang selalu menurunkan genetik paling baiknya dalam individu anakan yang diturunkannya / dihasilkannya.

 

* Super Fight : Adalah merupakan individu yang menurunkan khusus untuk trah kualitas juara yang super.

 

Baca Juga : Wanita Cantik Dan Seksi Pecinta Sabung Ayam

 

Pernah terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa perpaduan genetik yang dikembangkan bersama jenis burung merpati oleh seorang yang bernama Steven Van Breemen. Metode yang dilakukan oleh Steven adalah dengan membangunkan sebuah populasi dimana sebuah gen yang serupa di dalam satu kandang. Tujuan paling utama dari metode tersebut adalah untuk membuat indukan ayam bangkok dalam super breed yang nantinya akan menghasilkan super fight yang juga merupakan hasil paling baik dari perpaduan genetika tersebut.

Leave a Reply