Get Adobe Flash player

Pentingnya Tubuh Kekar Bagi Ayam Jago Sebelum Bertarung

Pentingnya Tubuh Kekar Bagi Ayam Jago Sebelum Bertarung

Pentingnya Tubuh Kekar Bagi Ayam Jago Sebelum Bertarung

 

Pentingnya Tubuh Kekar Bagi Ayam Jago Sebelum Bertarung

 

Sabung Ayam – Bentuk tubuh ayam yang kekar sangat penting sekali bagi setiap ayam jago, terutama bagi mereka yang kelasnya sabung pukul. Dalam dunia sabung pukul, kekuatan otot sangat mempengaruhi bagaimana seekor ayam jago dapat melancarkan serangan yang keras terhadap lawannya. Semakin keras serangan tersebut, maka semakin cepat dirinya bisa mengalahkan lawannya. Tetapi, begitu juga dengan dirinya sendiri. Tanpa pertahanan yang cukup kuat, ayam jago itu sendiri juga bisa dikalahkan lawannya bila dirinya sendiri terkena serangan yang tidak dapat diterimanya dengan baik.

Untuk itulah kita kali ini akan sedikit membahas mengenai otot kekar pada ayam jago dan pengaruhnya terhadap kualitas bertarungnya.

Bertarung memang akan selalu menggunakan seluruh komponen dari tubuh ayam. Tetapi tubuh ayam yang seperti apa yang menjadi permasalahannya. Tanpa tubuh yang ideal, ayam tidak akan bisa membentuk otot tubuh yang berfungsi penuh sebagai penunjang kekuatannya. Membuat tubuh ayam kekar tidak sulit, namun akan membutuhkan usaha dan waktu agar bisa mencapainya.

Langkah pertama yang dapat kita lakukan bagi ayam jago kita untuk membentuk tubuh yang berotot adalah dengan memberikan pakan terbaik sebagai asupan utamanya. Tidak lupa juga bisa diberikan beberapa makanan tambahan yang berkhasiat tinggi sebagai pelopor pertumbuhan dari ayam tersebut.

 

Latihan Ayam Harus Disesuaikan Dengan Umur Sang Ayam

 

Kemudian, saat usia ayam sudah beranjak remaja, maka kita wajib sekali untuk memberikan ayam melakukan beberapa aktifitas ringan. Aktifitas ringan diperlukan agar membuat ayam memiliki kebiasaan bergerak dan aktif. sehingga saat dewasa akan mencintai yang namanya latihan.

Saat usia cukup matang untuk menerima latihan, barulah anda memberikan beberapa latihan fisik kepada ayam anda. Mulai dari barbel, berenang, jogging, loncat, dan lain sebagainya hingga latihan adu ayam. Proses seperti ini tentu saja akan sangat membantu mempengaruhi pertumbuhan otot dan meningkatkan kekuatan dari otot ayam tersebut. Semakin giat ayam jago anda melakukan latihan, maka hasilnya juga akan semakin luar biasa. Pada umur 1 tahun, dengan latihan yang cukup akan membuat tubuh ayam memiliki otot-otot yang keras. Otot yang keras seperti ini akan membuat ayam memiliki tenaga dan tendangan yang sangat kuat. Selain daripada itu, pertahanan tubuhnya pun menjadi lebih tinggi pula.

Pada akhirnya saat pemberian latihan sudah selesai, maka selanjutnya anda hanya tinggal memfokuskan peningkatan kemampuan bertarung ayam, yang tentu saja dilakukan melalui proses latihan adu ayam. Ayam akan semakin kuat dan tangguh seiring bertambahnya pengalaman bertarungnya. Saat ayam jago anda sudah mulai bisa memenangkan beberapa pertandingan adu ayam, maka mungkin saat itu sudah mendekati saatnya ayam untuk diturunkan pada arena sabung ayam. Pastikanlah bahwa kondisi tubuh ayam dalam keadaan prima dan sehat. Tanpa tubuh yang sehat, otot ayam tidak akan dapat berfungsi secara optimal. Itulah pentingnya kita juga harus menyertakan pemberian proses pemijatan pada bagian tubuh ayam sehingga membuat ayam menjadi lebih segar dan lebih refleks ketika menjalani harinya.

 

Baca juga : Otot Terbaik Bagi Ayam Petarung Berkualitas

Leave a Reply