Get Adobe Flash player

Menelisik Perbedaan Ayam Bangkok Murni Dengan Yang Campuran

sabung ayam

Sabung Ayam – Ayam jenis bangkok merupakan jenis ayam yang paling diunggulkan oleh para pecinta sabung ayam. Bukan hanya karena memiliki tubuh yang besar dan kuat, namun ayam ini juga memiliki kemampuan bertanding yang tidak ada duanya bila dibandingkan dengan ayam jenis lainnya. Namun, hingga saat ini untuk bisa mencari ayam bangkok yang asli bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. Maraknya perkawinan silang yang dilakukan oleh para peternak ayam menyebabkan sulit untuk menemukan ayam bangkok yang murni.

Ayam bangkok yang tidak murni lagi atau kasarnya disebut dengan ayam bangkok palsu sendiri sangat banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Dari segi fisiknya, ayam bangkok murni dengan campurna hampir tidak dapat lagi dibedakan karena keduanya memiliki ukuran tubuh yang hampir sama. Namun bila dilihat dari sisi kemampuan saat berada di arena sabung ayam, maka perbedaannya akan dapat kita lihat secara langsung. Stamina, kekuatan pukul dan pertahanan yang dimiliki ayam bangkok asli akan lebih tinggi bila dibandingkan dengan yang palsu.

Selama ini banyak yang menggunakan ayam bangkok asli untuk dikawinsilangkan dengan ayam lainnya karena dengan harapan nantinya keturunan yang tercipta akan menghasilkan bibit ayam yang lebih sempurna lagi. Namun nyatanya mengingat ayam bangkok merupakan ayam terbaik dikelasnya, maka tidak akan ada lagi jenis ayam lainnya yang lebih baik daripada ayam bangkok. Inilah yang akhirnya menyebabkan kualitas yang dimiliki antara yang murni dengan yang palsu menjadi berbeda.

Postur dan ukuran tubuhnya sama memang sama, namun kekuatan dan kemampuan ayam yang murni akan lebih superior bila dibandingkan dengan yang palsu tersebut. Dimana ayam bangkok murni memiliki jumlah stamina yang sangat tinggi sehingga membuat ayam ini dapat melakukan pertarungan yang panjang. Serangan yang dimilikinya juga sangat keras dan bisa merobohkan lawannya hanya dengan sekali pukulan saja. Pertahanannya juga kokoh, sehingga meskipun terkena pukulan, ayam ini tetap bisa berdiri dengan kokoh dan bahkan kadangkala pukulan yang diterimanya tidak sampai membuat ayam ini menyentuh tanah.

Jadi bila anda melihat ada pertandingan adu ayam yang mempertemukan ayam bangkok murni dengan yang palsu, maka sudah jelas hasilnya bahwa ayam bangkok murni akan keluar sebagai pemenang. Namun jangan salah juga, bahwa ayam bangkok palsu juga memiliki darah ayam bangkok murni sehingga membuatnya menjadi ayam yang memiliki kualitas yang tidak kalah baiknya.

Leave a Reply