Get Adobe Flash player

Melihat Tingkatan Ayam Bangkok Berserta Ciri Yang Dimilikinya

Di dalam dunia adu ayam, sebelum ayam petarung masuk ke arena, perlu diketahui berapa bobot ayam aduan tersebut. Karena untuk mencari lawan tanding yang seimbang. Dalam hal ini, usia ayam tidak menjadi syarat, yang diutamakan adalah berat badan, tinggi serta ukuran ayam aduan yang diperlukan untuk mencari lawannya.

 

Ayam Bangkok Tergolong Tingkatan Kelas Berat

Untuk ciri ayam bangkok aduan tergolong kelas berat ditentukan berdasarkan berat badannya. berat ayam bangkok aduan tergolong kelas berat biasanya mulai dari 3,2 kg hingga 4,5 kg.

Ayam bangkok termasuk kelas berat yang ditarungkan di arena sabung ayam dengan lawan yang memiliki berat yang seimbang, jika kurang maka tidak melebihi 1 kg.

Ayam bangkok aduan kelas berat memiliki ciri khas dari bentuk kepala hingga bentuk badannya. Berikut ciri-ciri khasnya:

Kepala
Ayam bangkok termasuk golongan berat yang memiliki ukuran dan bentuk kepala yang lonjong. Paruh dari pangkal hingga ujungnya melengkung, dipangkal paruhnya terdapat parit. Pada bagian kepalanya memiliki jengger kecil yang menggumpal, kulit muka merah namun tak ada bulunya, mata yang kecil, cerdik, kelopak mata sedikit masuk kedalam.

Badan
Postur tubuh ayam kelas berat biasanya tegap. pangkal kepala sampai ekor memiliki kemiringan 50 deg hingga 70 deg serta memiliki lutut yang menekuk ke belakang saat berdiri.

Leher
Leher ayam bangkok memiliki bentuk lehernya nelengkung dengan bulu yang pendek, lebih keras dan ukuran yang lebih panjang.

Kaki
Memiliki Tumit seperti persegi, bentuk serta ukuran kaki yang panjang dan besar. Memiliki jari-jari kaki yang kurus, kecil tetapi panjang meruncing ke arah depan serta memiliki sisik kaki yang rapi, bersih dan berwarna kuning.

Bulu Badan
Memiliki bulu badan dengan ukuran yang relatif pendek tetapi keras. Bulu badannya terlihat mengkilat, batang bulu keras dengan ukuran yang besar, pada umumnya berwarna rawis atau merah. Pada bagian bulu ekor biasanya panjang dan lurus.

Ekor
Ayam bangkok aduan memiliki  ekor yang panjang dan sangat keras juga tebal.

 

Demikian artikel ini dibuat mengenai melihat tingkatan ayam bangkok berserta ciri yang dimilikinya. Semoga bermanfaat bagi para pecinta sabung ayam yang ada di Indonesia. Terima kasih.

Leave a Reply