Get Adobe Flash player

Manfaat Yang Bisa Diberikan Mengkudu Bagi Ayam Petarung

mengkudu

Sabung Ayam – Di dalam dunia sabung ayam ini ada beberapa penyakit yang sering dialami oleh seekor ayam pearung dan salah satu penyakit tersebut adalah penyakit ngorok. Penyakit ngorok ini sangat mengerikan sekali bagi para peternak sabung ayam dan ayam petarungnya.

Penyakit ngorok ini merupakan sebuah penyakit yang bisa menular dengan cepat dan juga sangat kronis sekali bahkan juga bisa mengakibatkan kematian bagi ayam tersebut. Penyebab yang menyebabkan ayam petarung bisa terkena penyakit ngorok ini banyak sekali penyebabnya, salah satu penyebabnya adalah kondisi yang ada di sekitar lingkungan ayam tersebut dan cuaca yang sering berubah – ubah.

Menurut laporan yang berhasil diterima, mengatakan pembersihan air liur yang kurang bersih usai bertarung juga bisa mengakibatkan ayam tersebut terkena penyakit ngorok juga karena air liur yang tidak diberisihkan tersebut akan menyumbat saluran pernafasan ayam tersebut. Maka dari itu, penyakit ngorok ini tidak boleh Anda abaikan dan biarkan begitu saja karena penyakit sangat berbahaya dan harus cepat diobati.

Penyakit ngorok ini bisa tertular melalui suapan indukannya, keturunan, tempat makan dan minum serta juga kandang yang kotor. Oleh karena itu, kesehatan dan kebersihannya harus Anda perhatikan dengan baik supaya adu ayam Anda tidak mudah untuk terserang penyakit ini.

Tanda – tanda ayam yang terkena penyakit ngorok ini bisa Anda lihat dari ayam tersebut sering bersin, susah untuk bernafas, mengeluarkan suara ngorok yang biasanya diakibatkan oleh hidungnya yang lembab dan basah atau berlendir yang akan mengakibatkan aktifitas ayam tersebut menjadi menurun.

Untuk mengobati penyakit ngorok ini bisa Anda lakukan dengan cara memberikan buah mengkudu kepada ayam Anda yang sakit tersebut. Pemberiannya juga gampang untuk dilakukan, Anda hanya tinggal menumbuk buah mengkudu yang sudah dicampur dengan jahe sampai menjadi halus yang kemudian bisa Anda langsung lolohkan ke dalam mulut ayam petarung Anda. Pemberian buah mengkudu sebaiknya Anda berikan sebanyak 2 kali sehari yaitu di pagi dan sore hari.

Baca Ini : Seputar Info Mengenai Penyakit Snot Pada Ayam Petarung

Sekian akhir dari informasi yang dapat kami sampaikan kepada Anda mengenai manfaat yang bisa diberikan mengkudu bagi ayam petarung, semoga dengan informasi yang dapat kami sampaikan ini bisa bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari sebuah informasi seputar dunia sabung ayam.

 

Leave a Reply