Get Adobe Flash player

^ Manfaat Serta Kegunaan Rumput Teki Untuk Ayam Laga ^

Rumput Teki atau biasanya disebut dengan Teki, Mota, Rukut Teki, Koreha, Rukut Watu adalah merupakan rumput palsu yang berbatang tiga. Teki tumbuh serta hidup sepanjang tahun dengan ketiggian 10-75 cm. Tumbuhan tersebut adalah merupakan tumbuhan liar yang hidup dalam kebun, ladang atau ditempat yang ketiggian kurang lebih 1000m dari permukaan laut. Rumput teki ini mudah dikenali dari sisi bunganya yang berwarna hujau kecokelatan, terletak pada ujung tangkai dengan tiga tunas benang sari yang berwarna kuning jernih. Membentuk bunga berbulir, dan mengelompok menjadi satu serupa dengan payung.

 

Ciri khas dari rumput teki terdapat pada buahnya yang berbentuk kerucut besar pada pangkalnya, kadang kala bisa melekuk berwarna cokelat, panjang sekitar 1,5-4,5 cm dengan diameter 5-10 mm. Pada daun teki tersebut yang berwarna mengkilat, berbentuk pita, biasanya terdiri dari 4-10 helai. Pada pangkal batangnya membentuk rozel akar, pelepah pada daunnya tertutup tanah. Dalam rimpang yang tua terdapat banyak tunas yang menjadi umbi dengan warna cokelat kehitaman. Umbi dari rumput teki tersebut apabila dimakan akan terasa sepat kepahitan tetapi wangi harumnya. Umbian ini tumbuh mengumpul, rumpun yang bergerombol. Ternyata umbi atau akar rumpu teki tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan sabung ayam laga.

 

Kandungan Pada Rumput Teki

 

* Alkoloid, flavonoid, glikosida jantung serta minyak menguap sebanyak 0,3-1 % (sangat bervariasi, tergantung pada daerah tumbuhnya).

* Minyak essensial yang mengandaung minimal 27 senyawa yang terdiri dari hidrokarbon, seskuiterpen, monoterpen, keton-keton, alifatik alkohol dan beberapa senyawa lainnya yang masih belum terindentifikasi. Tetapi, umbi atau akar rumput teki ini diketahui bahwa sangat bermanfaat untuk kesehatan adu ayam laga.

 

Manfaat Untuk Ayam Laga

 

Pemberian umbi atau akar rumput teki yang sesuai dengan takaran, dapat membantu meningkatkan kesehatan ayam laga dengan sangat cepat. Hal tersebut akan tampak dari kulit ayam laga yang cepat menjadi merah. Hal ini menandakan bahwa kondisi ayam laga tersebut sehat serta fit.

 

Cara Dalam Pemberiannya :

 

* Umbi atau akar rumput teki ditumbuk lalu dilolohkan kepada ayam laga, cukup hanya sehari sekali sebesar kelereng.

* Boleh juga dimasak kemudian airnya diminumkan kepada ayam laga tersebut.

 

Baca Juga : Pentingnya Memberikan Suplemen Dan Doping Ayam Aduan

 

Demikianlah pengulasan tentang “Manfaat Serta Kegunaan Rumput Teki Untuk Ayam Laga”. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan anda semua.

Leave a Reply