Get Adobe Flash player

Langkah Perawatan Untuk Mengkokohkan Kuda-Kuda Ayam Petarung

Saat sedang melakukan adu ayam, seekor ayam petarung membutuhkan kuda-kuda yang sempurna agar bisa menjadi petarung tangguh. Untuk mendapatkannya tentunya membutuhkan perawatan dan asupan yang tepat bagi ayam petarung tersebut agar dapat menjadi ayam petarung yang tangguh.

Ayam petarung, khususnya ayam bangkok yang masih muda biasanya memiliki mental tarung yang kurang baik dan tentunya kemampuan dan mentalnya pun juga masih belum baik pula. Ayam petarung yang berumur enak bulan keatas memiliki tulangan yang lunak, sehingga membutuhkan perawatan dari para peternaknya agar nantinya kuda-kuda yang dimilikinya menjadi kokoh.

Nah untuk bisa memciptakan ayam tersebut memiliki kuda-kuda yang kokoh, maka tindakan yang perlu kita lakukan adalah :

1. Dijemur Saat Matahari Terbit
Pada pagi hari, sinar matahari mengandung banyak sekali vitamin D. Jadi hal ini sangat dibutuhkan sekali bagi ayam untuk bisa meningkatkan dan memperkuat tulang yang dimilikinya.

2. Diberikan Waktu Diumbar
Ayam perlu diumbar agar dapat bebas beraktifitas secara leluasa. Saat diumbar, ayam biasanya akan suka bergerak kesana dan kemari dan juga sering pula mengeruk tanah dengan menggunakan kakinya layaknya akan memulai pertarungan sabung ayam. Kegiatan seperti ini tentunya akan meningkatkan kekuatan otot kaki pada ayam tersebut.

3. Diberikan Konsumsi Cairan Tomat
Kandungan nutrisi yang dimiliki oleh tomat sangat banyak sekali dan memiliki kandungan yang dibutuhkan oleh ayam.

4. Pemberian Vitamin
Para peternak dapat memberikan neorubion yang mengandung vitamin B1,B6, dan B12. Dimana fungsi dari vitamin tersebut adalah untuk meningkatkan proses pembentukan tulang dan juga meningkatkan kekerasan tulang pada ayam. Pemberian neorubion yang maksimal dapat diberikan sehari sebanyak tiga kali.

Leave a Reply