Get Adobe Flash player

Langkah – Langkah Dalam Merawat Ayam Petarung Yang Lumpuh

Ayam petarung yang dengan tiba – tibanya  menjadi lumpuh, tidak berdaya, lemas, dan juga hanya tidur saja. Bahkan jika untuk berdiri saja pun ayam petarung tersebut tidak bisa, dengan kategori bukan karena terkena sebuah penyakit, maka inilah beberapa langkah untuk merawat ayam petarung yang terkena penyakit lumpuh ini, yaitu sebagai berikut:

  1. Anda bisa melolohkan daun kemangi yang telah dicampur dengan ragi tape.
  2. Menggunakan daun serai, cara menggunakannya yaitu dengan cara menempelkan daun serai yang sudah di geprak pada bagian yang terlihat lumpuh pada ayam petarung tersebut. Penempelan ini dilakukan dengan menggunakan kain perban yang akan dibiarkan selama 2 hari hingga diganti dengan yang baru jika belum sembuh total.
  3. Menggunakan obat tradisional, cara membuatnya yaitu sediakan bawang merah, cabe merah dan juga jahe dengan perbandingan 1 : 2 : 2. Semua bahan kemudian ditumbuk secara halus kemudian berikan obat ramuan itu pada ayam petarung tersebut. Lakukan sehari sekali pada saat malam hari saja. Jika pada keesokan pagi harinya ayam petarung tersebut masih belum terlihat adanya perubahan, maka lakukan secara terus – menerus hingga hasilnya sudah cukup memuaskan.
  4. Dengan pemberian multivitamin, selain dengan menerapkan pengobatan tradisonal ada baiknya jika adu ayam yang lumpuh ini juga diberi multivitamin yang khusus untuk penyakit lumpuh. Multivitamin ini sangat penting untuk diberikan karena untuk menjaga kekebalan pada tubuh ayam petarung yang melemah akibat malas makan. Ada juga beberapa merek multivitamin yang banyak dianjurkan oleh para pakar penghobi ayam petarung sebagai obat untuk ayam petarung yang terserang peyakit lumpuh yaitu adalah multivitamin Jalu Aji Gingseng Plus atau Becomp Plus yang dapat kalian beli di apotek terdekat.
  5. Asupan pakan yang tepat, asupan pakan pada ayam petarung harus sangat diperhatikan dan juga tepat. Ayam petarung yang lumpuh pada umunya akan malas untuk makan dan juga minum, oleh sebab itu sebagai pemiliknya, kalian harus menyuapinya untuk menjaga kondisi perut ayam petarung tersebut supaya tidak kosong. Atau kalian bisa lakukan dengan cara menyuapi dengan menggunakan suntikan jarum yang jarumnya sudah dibuang dan disuntikan kedalam mulut ayam petarun tersebut.
  6. Memijat bagian tubuh pada ayam petarung yang sakit dengan salep atau minyak tawon, pijatan ini boleh dilakukan jika pengobatan dengan daun serai tidak diberikan. Hindarilah memandikan ayam petarung atau juga menjemurnya hingga kondisi ayam petarung tersebut kembali sehat. Usahakan kandang ayam petarung ini selalu dalam keadaan hangat di malam harinya. Caranya yaitu menyelambuinya kandang pada bagian luar dengan kain yang rapat. Berikan obat penambah darah 1/2 tablet, agar tubuhnya tetap fit, misalnya seperti sangobion. Berikan pula bawang merah yang cukup 1 suing saja setiap pagi untuk menambah nafsu makan pada ayam petarung yang lumpuh supaya nafsu makannya dapat tetap terjaga.

Sekian dari informasi yang dapat kami sampaikan mengenai langkah – langkah dalam merawat ayam petarung yang lumpuh, semoga dengan informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda serta dapat menambah wawasan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply