Get Adobe Flash player

Kriteria Ayam Bangkok Yang Tangguh Dilihat Dari Warna Bulu

Ketangguhan ayam bangkok dapat dilihat dari warna berpaduannya, ketahui jenis dan kelebihan pada setiap warnanya

Kriteria Ayam Bangkok Yang Tangguh Dilihat Dari Warna Bulu

Kriteria Ayam Bangkok Yang Tangguh Dilihat Dari Warna Bulu

Sabung Ayam – Setiap ayam aduan mempunyai warna bulu yang bervariasi dan beragam. Mungkin bagi masyarakat hanya untuk menjadi daya tarik saja. Namun, kenyataannya tidak seperti yang dipikirkan. Kenapa? Karena setiap warna bulu mempunyai arti dan mempunyai arti yang berkaitan dengan kemampuan ayam tesebut. Bagaimana jika 1 ekor ayam mempunyai banyak warna bulu? Nah, daripada kebinggungan mencari jawabannya, simak saja rangkuman dibawah ini dengan seksama.

Makna Dan Jenis Warna Bulu Ayam Aduan

Banyak yang mengabaikan warna bulu pada ayam, karena yang berperan penting bagi mereka hanyalah teknik, fisik baik, kemampuan diatas rata-rata dan lain sebagainya. Namun, warna pada bulu ayam harus diperhitungkan juga karena bisa menunjukan kualitasnya saat bertarung adu ayam.

Berikut jenis bulu ayam bangkok yang berkualitas saat bertarung di arena, antara lain :

Wiring

Warna bulu wiring paling terfavorit didunia persabungan. Kriteria bulu wiring ini dipadu oleh bulu rawis dan warna hitam pada dasarnya. Dapat dilihat juga pada bagian ekor dan lehernya.

  • Ayam bangkok mempunyai warna kuning yang bercampuran dengan merah disebut wiring kuning
  • Ayam bangkok mempunyai warna coklat bercampur dengan warna merah disebut wiring galing.

Wangkas

Bulu ayam wangkas terdiri dari warna kuning emas dan kemerahan. Kriteria ini cukup banyak yang menyukainya, selain cantik juga membuat ayam menjadi lebih berwibawa. Bagi yang memiliki ayam berbulu wangkas dipercaya mempunyai hoki yang besar.

  • Wangkas emas : mempunyai bulu yang dipadu warna kuning dengan keemasan sedikit.
  • Wangkas geni : mempunyai warna bulu yang bercampuran dengan merah kegelapan.

Brumbun

Penggemar adu ayam lebih banyak menyebutnya blorok untuk warna tubuh putih dan hitam bercak bintik kecil. Meskipun tidak sebaik wiring dan wangkas, anda masih bisa mengandalkan ayam berkriteria ini.

  • Blorok Madu : mempunyai perpaduan warna merah hijau, merah, putih dan hitam.
  • Blorok Jalak : Pada umumnya berwarna putih di campur sedikit merah dan hitam.

Kelabu

Warna bulu kelabu lebih kewarna abu-abu, namun hitam abu-abu pada rawis bulunya. Kualitas ayam berbulu kelabu sudah banyak yang memujinya.

Hitam

Banyak orang bilang bulu ayam berwarna hitam mempunyai kekuatan mistik, namun hal itu tidak bisa di benarkan sepenuhnya. Faktanya banyak orang yang kurang meminatinya karena auranya kurang bercahaya dan kurang istimewah.

Bliri

Banyak ayam aduan yang mempunyai warna bliri yang mempunyai perpaduan warna bulu putih, hitam dan kuning bergaris bintik kecil pada tubuhnya. Ayam yang mempunyai kriteria ini tidak untuk ditarungkan di turnamen maupun di tempat adu ayam, melainkan pelihara untuk keleksi.

Putih

Ada ayam aduan yang mempunyai warna putih pada seluruh bulunya, salah satunya ayam bangkok putih yang disebut rawis seta.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan diatas mengenai ketangguhan ayam aduan dilihat dari bulunya. Semoga bisa dijadikan sebuah referensi maupun menambahkan wawasan dalam dunia persabungan di Indonesia, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply