Get Adobe Flash player

Kenalkan Jenis Ayam Jagoan Pada Pertandingan Adu Ayam di Jawa

Kenalkan Jenis Ayam Jagoan Pada Pertandingan Adu Ayam di Jawa

Kenalkan Jenis Ayam Jagoan Pada Pertandingan Adu Ayam di Jawa

 

Kenalkan Jenis Ayam Jagoan Pada Pertandingan Adu Ayam di Jawa

 

Sabung Ayam – Pertandingan sabung ayam memang sangat terkenal sekali di Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Di pulau ini, pertandingan sabung memanglah sudah menjadi sebuah kegiatan tradisi yang sudah dilakukan sejak dahulu kala. Mungkin, dari zaman kerajaan Majapahit, pertandingan sabung ayam sudah dilakukan untuk mencari peternak ayam yang paling handal kala itu.

Tentu saja dengan begitu, maka akan terdapat jenis ayam yang menjadi jagoan pada pertandingan tersebut. Karena pada masa itu, ayam jagoan jenis bangkok atau saigon belum masuk ke Indonesia. Sehingga ayam jenis Banten sangat terkenal sekali pada masa tersebut.

Ayam Banten merupakan salah satu jenis ayam asli yang berasal dari Indonesia. Kualitas ayam jenis ini memanglah tidak setinggi ayam bangkok, namun bila ayam ini bertarung dengan jenis ayam yang sama, maka pertarungan tersebut akan berjalan dengan sangat sengit sekali. Ayam ini memiliki mentalitas yang tinggi ketika berhadapan dengan lawannya pada arena sabung ayam.

Hanya saja, sejak kedatangan ayam bangkok ke dalam dunia persabungan Indonesia, ayam jenis ini menjadi jarang digunakan. Anda tidak akan lagi mudah untuk bisa menemukan ayam Banten ini secara bebas, kecuali pada perternakan yang ada di kota Banten. Hal itu pun juga tidak menjamin, karena ayam jenis ini sudah dikawinkan dengan ayam jenis lainnya agar dapat menghasilkan ayam dengan kualitas yang lebih baik.

Untuk itu, mungkin beberapa dari anda masih tertarik dengan ayam jenis ini. Untuk itu, kami akan berikan informasi mengenai ciri dari ayam banten ini, berikut cirinya!

– Ayam banten memiliki ukuran tubuh yang cukup besar, namun tidak setinggi ayam bangkok. Berat ideal ayam ini adalah 2.3 hingga 2.8 kilo.

– Ayam jenis ini memiliki panjang leher yang tergolong panjang daripada ayam pada umumnya.

– Warna bulu pada ayam ini didominasi dengan warna hitam, coklat, putih, dan merah pada umumnya.

– Memiliki cuping berwarna merah dengan paruh berwana kuning yang pendek.

Baca juga : Mengenal Kemampuan Adu Ayam Dari Ayam Jenis Pama Rembong Asli

Itulah penjelasan mengenai perkenalan atas ayam banten. Ayam banten memang memiliki potensi bertarung yang cukup baik. Sehingga bila anda dapat merawatnya dengan baik, maka bukan tidak mungkin nantinya ayam ini akan disegani oleh para lawan adu ayam!

 

Leave a Reply