Get Adobe Flash player

^ Kenali Sejarah Sabung Ayam Memakai Pisau ^

Adu ayam aduan pada umumnya adalah merupakan naluri atau karakter asli dari hewan yang berjenis unggas tersebut, namun saat ini kegiatan sabung ayam bahkan sudah menggunakan pisau yang dikaitkan langsung pada salah satu kaki ayam aduan yang akan bertarung. Dalam akhir-akhir ini mulai terkenal lagi di Indonesia kegiatan adu ayam atau yang sekarang dikenal dengan sabung ayam yang memakai pisau atau yang dikenal juga dengan nama sabung taji. Padahal di Indonesia sendiri kegiatan sabung ayam menggunakan pisau ini sudah ada sejak jaman dulu di berbagai daerah, bahkan di beberapa bagian luar negara yang sudah lama di selenggarakan. Berikut beberapa sejarah sabung ayam memakai pisau, Sebagai berikut :

 

BALI

Dalam daerah Bali kegiatan seperti ini sangatlah populer yang dengan dinamakan Tajen. Asal muasalnya adalah berasal dari upacara keagamaan atau disebut Tabuh Rah yang diadakan oleh umat Hindu Bali dalam setiap tahun sekali. Dalam salah satu acara Tabuh Rah tersebut dilakukan persembahan darah dari ayam aduan yang menggunakan pisau. Karena mempunyai daya tarik serta keseruan, banyak sekali orang yang kemudian mengagaskan supaya diadakan kegiatan sabung ayam khusus yang akhirnya diberikan nama Tajen.

 

SULAWESI

Tepatnya didaerah Toraja Sulawesi juga ada kegiatan upacara yang dikenal dengan nama Massaung Manuk. Menurut dari kita “La Galago” di Toraja seorang pemuda yang belum dapat dikatakan jagoan apabila belum melakukan perjudian, meminum arak dan sabung ayam pisau.

 

FILIPINA

Di dalam negara Filipina juga terdapat budaya yang serupa dinamakan Sabong. Di negara Filipina juga sama memakai pisau yang bernama Gaff/ Tari yang kemudian dipasangkan pada bagian salah satu kedua kaki ayam aduan yang akan bertarung.

 

COLOMBIA

Negara Colombia adalah merupakan salah satu negara dibenua Amerika yang terkenal dengan cara paling baik mengadu ayamnya. Di negara tersebut, kegiatan mengadukan dua ekor ayam aduan dikenal dengan nama “Pellea de Gallos” yang diadakan tertutup meskipun bersifat legal. Untuk ingin menyaksikan kegiatan ini anda dapat mengunjungi kota Bogota yang adalah ibukota dari negara Colombia, dan membeli tiket masuk melalui orang sekitarnya.

 

AMERIKA SERIKAT

Meskipun Amerika Serikat sangat terkenal dengan ketatnya larangan mengenai Animal Abuse namun tapi di beberapa daerah tersebut kegiatan Cockfight ini memang di legalkan. Anda bisa menyaksikan pertandingan cockfight secara langsung di daerah negara bagian Texas Amerika dimana kegiatan tersebut merupakan salah satu pertunjukan di negaranya.

Leave a Reply