Get Adobe Flash player

^ Kekurangan Dan Kelebihan Ayam Aduan Brazil Yang Wajib Anda Diketahui ^

Ayam Laga Brazil adalah merupakan hasil keturunan dari ayam aduan Shamo Jepang. Ayam aduan Brazil ini banyak sekali dibudidayakan oleh masyarakat negara Amerika Selatan. Untuk kalangan penggemar serta peternak disana, jenis ayam aduan Brazil adalah merupakan sabung ayam laga yang lumayan populer dipandangan mereka. Namun didalam Indonesia sendiri, ayam aduan Brazil masih telihat jarang sekali, hal tersebut dikarenakan banyak peternak dan penggemar ayam aduan ini menilai prospeknya kurang baik.

 

Kekurangan Ayam Aduan Brazil

* Gaya Tarung Yang Lebih Lambat
Mempunyai gaya tarung yang sedikit lambat apabila dibandingkan dengan jenis adu ayam bangkok dan birma.

* Hanya Dijadikan Sebagai Ayam Jago Jantan Untuk Kawin Silang
Banyak penggemar yang kurang suka dengan gaya tarung ayam aduan Brazil ini. Biasanya hanya dijadikan sebagai ayam jago pejantan untuk dikawin silang dengan berbagai jenis indukan betina lain seperti induk bangkok dan birma.

* Gaya Tarung Yang Akan Muncul Setelah Beberapa Ronde
Dalam pertarungan ronde pertama atau kedua, ayam aduan Brazil tidak menunjukkan sebagai ayam petarung yang bagus (ayam adaun penakut). Namun disaat memasuki ronde ketiga, gaya tarung sebenarnya akan muncul.

 

Kelebihan Ayam Aduan Brazil

* Mempunyai Sistem Tulang Yang Bagus
Ayam petarung Brazil mungkin bisa disamakan dengan jenis ayam aduan pelung yang berasal dari Jawa Barat. Dikarenakan kedua ayam aduan tersebut mempunyai postur badan yang kekar, tinggi besar serta pertulangan yang kasar dan kuat.

 

* Mempunyai Pukulan Yang Keras
Dengan modal dasar tersebut, dalam gerakan ayam Brazil ini tergolong lamban. Namun, meskipun geraknya lambat, ia mempunyai pukulan yang sangat kuat sekali serta mampu merobohkan lawannya hanya dengan berapa kali pukulan saja.

 

* Mempunyai Hasil Silangan Yang Baik
Apabila dikawin silang dengan jenis ayam bangkok atau birma, anakan yang dihasilkan akan memiliki sistem pertulangan yang besar dan bagus. Kekurangan penjantan ayam Brazil akan ditutupi dengan indukan betina silangan serta sebaliknya. Pada akhirnya akan menghasilkan ananakn yang lebih baik, gesit dan lincah serta diimbangi dengan bentuk tubuh tinggi, kuat dan besar.

 

* Mempunyai Mental Yang Bagus
Ayam petarung Brazil mempunyai mental yang bagus, tidak gampang menyerah serta akan selalu sigap disaat melihat gerakan lawannya. Ayam aduan ini termasuk ayam petarung yang akan menunjukkan kehebatannya ketika sudah dalam situasi panas. Mungkin disaat diadu, ketika memasuki ronde ketiga kemampuan ayam aduan Brazil akan mulai terlihat serta tidak akan berhenti hingga titik darah penghabisan dari lawannya. Dan yang membuat orang senang dengan ayam aduan Brazil ini adalah ketika terjadi pertarungan, meskipun ayam aduan Brazil diperkirakan bisa kalah ketika bertarung, ia tidak akan kabur atau mundur, ia tetap akan terus menyerang meskipun dalam posisi yang terdesak. Para penggemar jelas senang dengan pertarungan seperti ini.

 

Tips Untuk Melatihnya
Latihan untuk ayam aduan Brazil akan lebih baik jika ayam aduan ini dilatih khusus dalam stamina serta gerakan tubuhnya. Caranya yaitu dengan sering dilatih jajal tarung, latihan lari serta berenang. Latihan tersebut bisa meningkatkan performa kualitas serta kelincahan ayam aduan Brazil dalam arena tarung.

 

Baca Juga : Mengenal Ayam Siam Shamo Atau Ayam Asli Jepang

 

Ciri Fisik Ayam Aduan Brazil
Ayam aduan Brazil dapat dilihat dengan ciri khas atau tanda yang lumayan menonjol. Khususnya dibagian kedua kakinya yang mempunyai warna putih sedikit kuning, warna kulitnya merah merekah, tubuh tinggi tegak, kekar dan pada bagian mata sedikit menatap tajam.

Leave a Reply