Get Adobe Flash player

Jenis Ayam Petarung Yang Paling Kuat Di Bali

ayam olagan

Sabung Ayam – Dari hasil laporan yang berhasil diterima, bahwa jenis ayam petarung yang paling kuat di bali adalah ayam olagan merah hitam. Di Kota Bali sendiri ayam petarung yang mempunyai rasnya masing – masing. Jenis ayam petarung yang paling sering dijadikan sebagai ayam petarung adalah ayam betet dan ayam olagan. Kedua jenis ayam petarung tersebut merupakan jenis ayam petarung yang terkuat yang berasal dari Bali. Akan tetapi, antara ayam betet dan ayam olagan yang paling kuat adalah ayam olagan.

Ayam betet hanya akan diturunkan ke dalam arena sabung ayam apabila ada lawannya yang sejenis dengannya. Apabila ayam betet ini dilawankan dengan jenis ayam petarung lainnya maka ayam betet ini akan kalah dengan cepat karena ayam betet tidak begitu kuat. Biasanya ayam betet ini hanya ditarungkan ketika sedang diadakan sebuah ritual keagamaan saja. Selain dari itu, ayam betet ini hanya akan digunakan sebagai ayam ternak dan peliharaan saja.

Sedangkan ayam olagan adalah jenis ayam petarung yang paling kuat di Bali. Karena ayam olagan mempunyai kemampuan bertarung yang cukup bagus apabila ditarungkan di dalam arena pertarungan adu ayam. Walaupun ayam olagan ini tidak begitu terkenal jika dibandingkan dengan ayam bangkok, namun ayam olagan ini tetap mampu untuk bersaing dengan ayam bangkok ketika ditarungkan di dalam arena sabung ayam.

Berikut di bawah ini adalah ciri – ciri yang dimiliki oleh ayam olagan yang bisa Anda simak berikut ini:

  • Apabila dibandingkan dengan ayam bangkok dan ayam burma, maka ayam olagan ini akan terlihat lebih kecil. Postur tubuh yang dimilikinya ini seimbang dengan ayam kampung.
  • Ayam olagan ini tidaklah ditumbuhi bulu di bagian lehernya, sehingga hal yang satu ini membuatnya mudah untuk dikenali.
  • Jengger yang dimiliki oleh ayam olagan ini pun kecil dan tidak seperti jengger yang dimiliki oleh ayam bangkok dan ayam burma.
  • Ayam olagan ini mempunyai kaki yang halus, meskipun kakinya tidak sekuat kaki ayam bangkok akan tetapi apabila di dalam hal kecepatan maka ayam olagan ini lebih unggul daripada ayam bangkok.

Jenis ayam petarung yang paling kuat di Bali sekarang ini adalah ayam olagan campuran ayam bangkok. Di Kota Bali sendiri jenis ayam petarung yang satu ini juga sering disebut dengan sebutan ayam olabang. Makna dari kata olabang ini adalah ayam olagan yang berasal dari hasil kawin silang antara ayam olagan dengan ayam bangkok. Sesungguhnya kawin silang ini dilakukan supaya ayam olagan ini memperoleh kekuatan dari ayam bangkok dan kecepatan dari ayam olagan. Dengan melakukan kawin silang ini maka terciptalah jenis ayam petarung yang paling kuat di Bali yaitu ayam olabang.

Ayam olabang ini sudah menempati posisi pertama di dalam arena pertarungan adu ayam yang ada di Bali. Ciri – ciri yang dimiliki oleh ayam olabang ini adalah mempunyai postur tubuh yang tegap seperti ayam bangkok dan mempunyai kaki yang ramping dan bertaji panjang seperti ayam olagan. Kelincahan dan daya tahan tubuh yang dimilikinya ini sangatlah bagus. Bahkan, ketika sedang bertarung dengan ayam bangkok, ayam olabang ini malah tampil lebih lincah dan agresif.

Baca Ini : 3 Manfaat Yang Bisa Diberikan Madu Kepada Ayam Petarung

Demikian akhir dari informasi yang dapat kami berikan kepada Anda mengenai jenis ayam petarung yang paling kuat di Bali, semoga dengan informasi yang dapat kami berikan ini bisa bermanfaat untuk Anda dengan menambah pengetahuan  Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply