Get Adobe Flash player

Gejala Serta Penangganan Tepat Untuk Ayam Yang Sakit Mata

sakit mata

Sabung Ayam – Anda yang merupakan seorang penghobi sabung ayam tentunya harus mengetahui jenis – jenis penyakit yang bisa menyerang ayam petarung, karena di dalam dunia sabung ayam, banyak sekali jenis penyakit yang sangat membutuhkan pengobatan dan penangganan yang tepat. Salah satunya adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yaitu penyakit sakit mata. Ada sebuah pepatah mengatakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati, perkataan tersebut memang pantas untuk diterapkan ke dalam perawatan ayam petarung kesayangan Anda. Dengan menerapkan hal tersebut, maka hal – hal yang berkaitan dengan resiko kerugian di masa yang akan datang bisa Anda hindari dengan tindakan pencegahan ini.

Di dalam memelihara dan perawatan pada ayam, khususnya pada ayam petarung tindakan pencegahan penyakit merupakan sebuah modal utama dari perawatan dan pelatihan ayam petarung. Berikut di bawah ini adalah faktor penyebab seekor ayam petarung bisa terserang penyakit, yaitu sebagai berikut:

  • Musim wabah penyakit yang bisa menulari akibat dari bakteri, jamur dan parasit.
  • Bisa juga disebabkan pemberian pakan yang kurang bergizi pada ayam.
  • Serta masih banyak lagi faktor lainnya.

Apabila ada adu ayam Anda yang terserang penyakit sakit mata, biasanya akan ditandai dengan adanya belek pada saat pagi hari dan siang harinya, ayam petarung Anda menjadi sering tidur dan memejamkan matanya. Mata ayam petarung yang sakit biasanya diakibatkan oleh cacing yang menempel di bagian retina matanya. Apabila Anda perhatikan secara teltiti, di bagian mata ayam petarung Anda maka Anda akan melihat sebuah rambut yang berwarna putih. Cara yang tepat untuk mengatasi ayam petarung yang terserang penyakit sakit mata adalah dengan cara meneteskan air rendaman tembakau yang diteteskan secara langsung ke mata ayam yang sakit tersebut. Dengan waktu yang cukup singkat, maka cacing yang bersarang di dalam mata ayam tersebut akan mati dan mata ayam tersebut pun akan sembuh dan kembali seperti semula lagi.

Namun, apabila ayam petarung yang sakit matanya bukan disebabkan oleh cacing, maka Anda bisa memberikan sebuah ramuan herbal yang terbuat dari air perasan daun katuk, yang bisa Anda berikan pada saat malam hari ketika ayam tersebut ingin tidur. Anda juga bisa meneteskan air campuran dari daun sirih dan jeruk nipis, yang kedua bahan tersebut bisa Anda tumbuk terlebih dahulu, lalu ambil airnya. Lalu teteskan pada ayam petarung Anda yang matanya sedang sakit tersebut.

Baca Ini : Tips Dan Cara Mengobati Flu Burung Secara Tradisional

Demikian akhir dari informasi yang bisa kami sampaikan mengenai gejala serta penangganan tepat untuk ayam yang sakit mata, semoga dengan informasi yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat dan berguna untuk Anda dengan memperluas wawasan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply