Get Adobe Flash player

Fungsi Kunyit Sebagai Obat Untuk Ayam Petarung

Berbagai macam khasiat pada kunyit sesungguhnya sudah diketahui dari zaman nenek moyang kita. Khasiatnya pun sudah teruji dan dapat dimanfaakan dalam kehidupan kita sehari – hari sampai generasi berikutnya. Sedangkan untuk ayam petarung, kunyit sangat penting sekali kegunaannya terutama dalam menjaga kesehatan ayam petarung dalam kehidupan sehari – hari. Selain kunyit ada juga bawang putih, kunir yang juga dipercaya dapat mengobati masalah – masalah yang ada pada adu ayam.

Berikut di bawah ini adalah fungsi kunyit untuk ayam petarung dalam kehidupan sehari – hari diantaranya adalah:

  • Menambah Nafsu Makan

Pemberian kunyit atau kunir kepada ayam petarung merupakan langkah yang tepat dimana jika ayam petarung tersebut yang nafsu makannya mulai berkurang bisa bernafsu makan kembali.

  • Sebagai Antibiotik (vaksin)

Bagi ayam petarung sebaiknya jika pemberian vaksin diganti oleh kunyit.

  • Menyembuhkan Diare

Kunyit katanya dipercaya bisa menyembuhkan diare pada ayam petarung. Diare yang biasa menyerang ayam petarung biasanya diakibatkan oleh meminum air yang terlalu banyak serta penyebab lainnya.

Untuk itu pemberian kunyit pada ayam petarung adalah solusi yang paling tepat untuk menyembuhkan diare. Apabila ayam petarung tersebut sedang lesu atau kurang bergairah dapat juga disembuhkan dengan menggunakan kunyit dengan cara dipotong 1/4 bagian siung kecil kemudian lolohkan secara utuh ke dalam mulut ayam petarung tersebut tanpa di tumbuk jika ayam sudah dewasa. Kunyit selain untuk itu, ada lagi kegunaan kunyit lainnya yaitu sebagai obat yang akan dijelaskan berikut ini:

  • Sebagai Obat Dalam

Bagian umbi pada kunyit yang telah berumur lebih dari satu tahun bisa digunakan sebagai obat dalam mendinginkan badan ayam petarung yang sedang panas dalam.

  • Sebagai Obat Luar

Kunyit juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit seperti bengkak yang sehabis bertarung dengan cara mengoleskan secara langsung pada bagian luka yang terdapat pada ayam petarung tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai fungsi kunyit sebagai obat untuk ayam petarung, semoga dengan informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda serta dapat menambah wawasan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply