Get Adobe Flash player

FAKTOR YANG MEMBUAT AYAM BANGKOK GOMBONG MENDUNIA

Para agan-agan yang hobi Ayam Bangkok, pastinya tidak asing lagi sama yang namanya Kecamatan Gombong yang berada di Kabupaten Kebumen di provinsi Jawa Tengah.

Gombong memang dikenal sebagai salah satu penghasil ayam bangkok berkualitas. Ayam bangkok produksi perternak di Kecamatan Gombong ini sudah menyebar keseluruh pelosok Nusantara.

Popularitas ayam bangkok gombong ternyata dapat mendunia dikarenakan beberapa faktor. Nah berikut Kami akan membahas faktor yang membuat ayam bangkok gombong mendunia, silahkan di simak:

sabung ayam bangkok

1. Faktor Sejarah

Ayam bangkok Gombong ternyata memiliki sejarah luar biasa dalam dunia sabung ayam nasional. Sejak tahun 70an sampai sekarang ini, banyak pehobi ayam nusantara yang mencari bibit ayam bangkok unggul dari kecamatan ini.

Lim Tiong Huat, seorang warga Gombong berdarah Tionghua ini lah yang pertama memulai perjalanan sejarah Gombong sebagai salah satu daerah penghasil ayam bangkok berkualitas. Dia mengumpulkan banyak ayam aduan istimewa dari daerah Vietnam dan Thailand lalu kemudian membawa ayam itu kembali buat di ternak di tempat asalnya.

2. Faktor Kelas

Walaupun dinyatakan sebagai ayam yang memiliki kualitas tinggi, ayam bangkok gombong ini ternyata terbagi kedalam beberapa kelas. Ada dari kelas ayam Homong, cukup Istimewa dan Super. Ayam Bangkok jenis Gombong biasa, umumnya memiliki harga berkisar sekitar 200ribu-an, sedangkan untuk ayam gombong istimewa dan super itu, harganya bervariasi. Malah pernah mencapai angka hingga ratusan juta rupiah perekornya.

3. Tipe Ayam Pukul

Kebanyakan sih Ayam Bangkok yang diternak di kecamatan Gombong ini merupakan tipe ayam pukul dalam sabung ayam. Kekuatan pukulannya sangat hebat. Didukung dengan otot dan tulang yang besar. Malah ayam ini sanggup menghancurkan fisik dan semangat lawannya saat berlaga di arena sabung ayam.

4. Faktor Pakan dan Perawatan

Dikarenakan Ayam Bangkok Gombong merupakan ayam dengan tipe pukul, ayam ini di beri pola makan yang sederhana. Pakannya cuma berupa jagung pipil yang dipadukan dengan voer.
Pemberian itu pun cukup dilakukan sekali-kali hanya saat sore hari saja. Dengan pola makan seperti itu, nafsu makan ayam bangkok gombong tetap terkontrol.

5. Permintaan Tinggi

Kualitas Ayam Bangkok Gombong waktu berada di arena telah di kenal hingga seluruh nusantara raya, hingga menjadikan permintaan ayam bangkok gombong sangat tinggi. Permintaan yang datang dari beberapa daerah seperti di daerah Jawa dan Sumatra. Adapun saat musim lebaran telah tiba, permintaan tersebut dapat meningkat hingga tiga kali lipat banyaknya.

Demikianlah 5 hal yang mempengaruhi Ayam Bangkok dari kecamatan Gombong, Jawa Tengah bisa sangat mendunia. Mungkin juragan telah ada yang mempunyai ayam bangkok dari Gombong. Bagi juragan yang ingin memiliki ayam bangkok berkualitas, bisa mencoba ayam bangkok asal gombong ini.

Leave a Reply