Get Adobe Flash player

Cara Perawatan Ayam Aduan Lebih Kuat Bertarung Sabung Ayam

Bagi anda yang baru mempunyai ayam aduan pastinya akan kwalahan dalam melatih serta perawatannya, terutama bagi yang belum lihai dalam bidang tersebut. Padahal anda ingin ayam aduan bisa tumbuh lebih kuat agar bisa segera melakukan petarungan sabung ayam dengan hasil yang memuaskan pula.

Admin akan memberikan beberapa cara perawatan ayam aduan lebih kuat bertarung sabung ayam agar bisa menjadi ayam kebanggaan anda nantinya. Simak selengkapnya dibawah ini, yakni sebagai berikut :

Pakan Ayam
Pakan ayam tidak akan terlupakan karena memang sudah kewajiban ataupun rutinitas untuk mengisi perut ayam aduan. Namun dalam pemberiannya, peternak ayam harus memperhatikan jenis pakannya karena tiap umur akan berbeda-beda pakan ayamnya. Jadi, peternak ayam harus lebih cermat dan tepat untuk pemberian pakan ayam tersebut agar bisa tumbuh lebih kuat.

Mandi
Untuk kesehatan ayam aduan terjaga, para peternak bisa membersihkan tubuh ayam kesayangan anda secara rutin agar terbebas dari kotoran ataupun debu yang melekat di tubuh dan bulunya. Ayam akan bugar setiap harinya dan yang terpenting adalah sulit terkena berbagai penyakit yang akan menyerangnya.

Kandang
Tidak hanya tubuhnya saja yang harus di bersihkan secara rutin, tetapi para peternak pun harus memperhatikan kandangnya juga. Apabila kandang ayam lembab ataupun banyak kotoran, maka penyakit pun bisa menyerang ayam aduan. Jadi, kebersihan kandang juga berperan penting agar ayam aduan kesayangan anda bisa tumbuh dengan sehat dan kuat.

Vitamin
Para peternak juga harus rutin memberikan asupan vitamin yang baik untuk pertumbuhan ayam kesayangan anda. Selain itu akan meningkatkan kualitas dalam bertarung adu ayam dari segi stamina, pukulan dan kecepatannya. Untuk jenis vitaminnya bisa anda sesuaikan dengan usia ayam aduan anda agar fisiknya selalu bugar terus.

Obat-Obatan
Hal ini sangat berperan penting juga jika ayam aduan terkena sakit ataupun penyakit, segeralah bergegas sebelum semakin parah. Ayam aduan kerap terkena cacingan, ngorok, berak kapur dan lain sebagainya. Jadi, tugas anda peternak ayam harus selalu mengawasi kondisi ayam aduan agar bisa mengatasinya dengan segera.

Demikianlah ulasan diatas mengenai cara perawatan ayam aduan lebih kuat bertarung sabung ayam. Semoga artikel yang admin berikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan dalam merawat ayam aduan lebih kuat, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply