Get Adobe Flash player

Cara Mudah Menganalisa Gaya Bertarung Ayam Ayam Aduan

Untuk menganalisa teknik bertarung ayam bangkok aduan memang gampang-gampang susah. Ayam aduan yang kita nilai memiliki teknis bagus, terkadang masih kalah juga ketika bertarung.

Sampai saat ini sudah banyak sekali penghobi ayam petarung khususnya peternak yang berusaha mencetak ayam adu unggulan dengan teknik tanpa tanding. Tapi itu memang sulit sekali dan sautu hal yang mustahil mengingat hukum alam tentang tak ada yang sempurna di dunia ini.

Contohnya, kebanyakan orang menyukai sabung ayam dengan teknik lock yang enak di pandang mata. Ayam yang memiliki teknik ini biasanya dikalim sebagai ayam aduan yang bagus. Tapi pada kenyataannya, ayam dengan tipe ini juga banyak kalah di pertarungan. Jadi, ayam yang bagus belum tentu menang ketika bertarung.

Ketika kita menilai seekor ayam petarung seharusnya jangan terjebak dengan keindahan teknik bertarung semata. Pada prinsipnya, ayam aduan dengan teknik bagus adalah ayam yang sulit dipukul. Teknik mengunci (ngalung) memang salah satu teknik yang sulit dipukul. Tetapi sebenarnya masih ada teknik lain yang sulit dipukul juga.

Misalnya, ayam lari, ayam dibawah janggut, ayam ngendul, ayam asor rapat ke tanah, dan lain-lain. Ayam aduan dengan gaya selain teknik bertarung ngalung memang kurang indah untuk dilihat. Tetapi cukup efektif untuk bisa meraih kemenangan. Sebe;um anda menganalisa teknik bertarung ayam aduan.

 

Ada baiknya kita terlebih dahulu memahami prinsip-prinsipnya, contohnya seperti dibawah ini :

1. Setiap ayam aduan yang bertarung haruslah memiliki pertahanan serta penyerangan yang baik. Teknik tarung ayam adalah sebuah pertahanan, yaitu gaya atau cara ayam laga bertarung supaya sulit dipukul musuh. Sementara untuk serangan adalah pukulan yang akurat dan juga mematikan.

2. Untuk mendapatkan kemenangan, ayam harus memiliki pukulan yang baik, yaitu akurasi yang tepat, pukulan keras dan tentu saja mematikan. Di lain sisi, untuk menghindari kekalahan, ayam juga harus memiliki teknik agar sulit dipukul. Jadi keduanya itu harus dimiliki ileh seekor ayam petarung andalan.

3. Jika diperhatikan, ayam aduan yang hanya memiliki serangan yang baik tanpa didukung pertahanan yang baik biasanya menang dengan babak belur. Sementara ayam aduan yang hanya mengandalkan teknik, sangat sulit untuk meraih kemenangan walaupun sulit juga dikalahakan (sulit untuk dipukul, tetapi sulit juga memukul lawannya).

Jadi bisa disimpulkan bahwa setiap adu ayam aduan yang kalah atau seri haruslah dianalisa dahulu. Apakah terlalu mudah untuk dipukul lawan (pertahanannya kurang baik) atau serangannya yang buruk (pukulannya kurang bagus).

 

Untuk teknik tarung ayam aduan memang sangat beraneka ragam, menurut beberapa penghobi ayam laga, ada beberapa teknik tarung yang baik, yaiut :

1. Teknik Kuda Lari

Yaitu teknik ayam kontrol atas dan bawah. Ketika dalam posisi terdesak ayam akan lari mengelilingi arena dan balik cepat memukul lawan yang masih dalam posisi belum siap. Ayam dengan teknik ini lebih bagus jika memiliki jalu yang baik dan main jalu.

2. Teknik AyamUndur-Undur

Teknik ayam kontrol atas tetapi tidak suka tumpang leher serta lebih senang memukul tanpa mematuk ketika didorong lawan mundur, ayam akan menarik kepala lawannya.

3. Teknik Brakot

Yaitu teknik ayam kontrol atas dan bawah. Jika ayam saling mengunci bisa melakukan pukulan ke badan lawan dengan pegangan ataupun mematuk punggung lawannya. Perlu diingat, ulasan di atas hanyalah beberapa pendapat dari para penghobi ayam laga dan mungkin akan sangat berbeda dengan penilaian orang lain. Memang butuh pengetahuan serta pengalaman dalam menganalisa teknik ayam petarung. Dan itulah salah satu hal yang membuat ayam aduan menjadi menarik. Teknik ayam aduan yang bagus itu berguna agar ayam jagoan kita tidak terkena banyak serangan. Serta membuat ayam jagoan kita lebih banyak kesempatan untuk melancarkan pukulan. Teknik bertahan dan menyerang, keduanya berkontribusi besar dalam menentukan kemenangan ayam aduan.

 

Dari hasil ulasan di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa :

1. Teknik bertarung ayam aduan terdiri dari 2 macam, yakni teknik menyerang dan teknik bertahan.

2 Teknik bertahan adalah teknik bertarung ayam aduan untuk mempertahankan diri dari pukulan lawannya. Jika demikian, teknik bertahan ayam aduan yang paling baik adalah teknik yang paling sulit dipukul oleh lawan terlepas dari teknik yang digunakan. Apakah teknik superlock, asor tanah, kontrol atas dan teknik lainnya.

3. Teknik menyerang adalah teknik bertarung ayam aduan untuk menyerang lawan dengan secepat mungkin. Jadi teknik menyerang yang paling efektif harus memiliki pukulan yang akurat dan mematikan. Jenis pukulan juga bisa beragam tergantung dari ayam aduan, bisa pukul syaraf, stroom, konde, jilling, pukul badan, dan lainnya yang penting dapat merobohkan lawan dengan cepat.

Demikianlah artikel tentang Cara Mudah Menganalisa Gaya Bertarung Ayam Aduan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply