Get Adobe Flash player

Cara Mudah Anakan Ayam Tumbuh Besar Dan Sehat

Cara Mudah Anakan Ayam Tumbuh Besar Dan Sehat

Sabung Ayam – Banyak orang yang ingin mempunyai anakan ayam yang sehat dan berkualitas, namun untuk mendapatkannya tentu membutuhkan perawatan yang khusus. Ada pun dengan cara kawin silang dengan indukan yang berkualitas agar anakan ayam mempunyai kemampuan dari indukannya. Selain itu, bisa juga dari anakan yang masih berumur mudah dirawat dan dilatih sehingga menjadi ayam petarung yang tangguh dan kuat.

Tumbuh Besar Dan Sehat Dengan Perawatan Yang Besar

Melakukan perawatan pada anakan ayam sangat mempengaruhi masa perkembangannya, karena itu kami disini ingin memberikan cara mudah merawat anakan ayam agar dapat tumbuh besar dan sehat. Apa saja yang diperlukan agar anakan bisa tumbuh sehat dan besar dengan cepat? Simak selengkapnya dibawah ini dengan seksama.

Memperhatikan Kandang Anakan Ayam

Masa-masa kelahiran anakan ayam sangat mudah mengalami kematian. Karena itu harus lebih intensif dalam perawatannya, termasuk dalam memilih kandang untuk anakan ayam. Dengan begitu, para peternak adu ayam tidak akan mengalami kerugian dengan menghindari kematian.

Anda bisa mengatur suhu didalam kandang anakan ayam agar tetap hangat sehingga lebih nyaman serta mengenali lingkungan sekitar dengan baik. Untuk lebih efektifnya tentu harus ditemani indukannya agar bisa menjaga suhu tubuh anakannya. Berikan lampu bohlam untuk mendukung kehangat didalam kandang yang berkukuatan 5 watt.

Perhatikan tiap sisi kandang tetap rapat tanpa ada celah untuk udara luar masuk kedalam. Apabila saat musim penghujan dengan udara yang dingin dapat menembus celah-celah dinding sehingga akan berakibat pada anakan akan didalamnya.

Pakan Ayam

Pada usia 0-2 hari, anakan akan bisa diberikan secukup air saja. Kenapa demikian? Karena kuning telur yang ada pada bulu-bulunya akan membantu memenuhi semua keperluan anakan ayam termasuk nutrisinya. Setelah sudah melewati masa tersebut, barulah berikan pakan ayam berupa pur. Bekatul bisa menjadi pilihan tambahan jika ingin mencampurinya agar lebih hemat pengeluaran budget anda.

Pemberian Asupan Gizi Tambahan

Anakan ayam yang sudah berusia sebulan dapat diberikan jenis pakan yang bervariasi agar tidak bosan. Biasanya para peternak menambahkan sedikit bubuk susu bayi. Manfaatnya untuk memperkuat tulang, otot dan seluruh tubuhnya. Usia yang tepat dalam pemberian bubuk susu sekitar 1-4 bulan.

Baca juga : Kriteria Ayam Aduan Pukul Mematikan Dalam Dunia Sabung Ayam

Pencabutan Bulu

Saat anakan ayam sudah mencapai usia 3 minggu, seluruh tubuh yang ditumbuh bulu akan mulai mengalami kerontokan, Tepatnya pada 2 bulan dibagian leher dan ekornya. Cabuti bagian bulu yang rusak maupun setengah rontok, terutama pada bagian paha dan dadanya. Cara ini dilakukan untuk memumbuhkan bulu lebih tebal dan kuat, namun harus di sertai asupan gizi yang baik untuk mengoptimalkan petumbuhan bulunya.

Perawatan Khusus

Pada anakan ayam memasuki usia 6 bulan, bulu rawis mulai bermunculan. Biarkan anakan ayam didalam kandang untuk menghindari staminanya terkuras abis karena asik bermain di luar kandang. Sebaiknya staminanya digunakan untuk masa pertumbuhan tubuhnya. Peternak ayam bisa berikan waktu untuk anakan bermain diluar kandang dengan waktu paling maksimal 30 menit.

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan diatas mengenai cara mudah anakan ayam tumbuh besar dan sehat. Memiliki ayam yang tumbuh sehat dan kuat menjadi keingginakan para penggila aduan ayam. Jangan pernah mengeluh dalam proses merawatnya agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Terima kasih dan selamat berhasil!

Leave a Reply