Get Adobe Flash player

Cara Merawat Ayam Petarung Disaat Musim Panas Menyerang

Seringnya terjadi perubahan musim di Indonesia pastinya akan memiliki efek samping terhadap daya tahan tubuh pada ayam petarung kita. Maka akan sangat disayangkan sekali apabila hal itu mempengaruhi performa ayam petarung anda saat melangsungkan pertarungan sabung ayam.

Jadi wajib sekali bagi para peternak ayam petarung untuk bisa mengantisipasi agar hal tersebut tidak memberikan hal yang tidak diinginkan kepada ayam petarung tersebut. Perubahan musim dari hujan menjadi musim panas pastinya akan mempengaruhi daya tahan tubuh ayam karena pada biasanya sudah terbiasa dalam suhu yang lebih dingin tiba-tiba harus terkena suhu yang lebih hangat.

Maka dari itulah, di bawah ini akan dijelaskan kepada para pecinta ayam petarung yang masih kebingungan bagaimana cara merawat ayam anda saat dalam keadaan pergantian ke musim panas hingga dapat mencegah ayam tersebut terserang berbagai macam penyakit yang dapat menyerang ayam petarung tersebut.

1. Buatlah atau posisikanlah kandang ayam di tempat yang teduh.
2. Keadaan kandang jangan terlalu banyak debu.
3. Siramlah air ke sekeliling kandang ayam anda dengan air.
4. Lakukan pembersihan kandang dari kotoran yang ada di dalam kandang.
5. Berikanlah ayam tersebut mengkonsumsi sayur-sayuran pada siang hari.
6. Jangan biarkan ayam minum air terlalu banyak pada siang hari, karena cuaca yang panas bisa meningkatkan resiko ayam tersebut terkena pilek. Waktu yang paling tepat untuk diberikan air adalah pada sore hari saat cuaca hanya hangat.
7. Hindari pemberian makanan yang terlalu lembek dan lembab, karena itu akan menyebabkan ayam menjadi pilek dan ngorok.
8. Pemberian sayuran hijau sangat baik bagi ayam pada musim panas.
9. Memandikan ayam namun dengan dikontrol dan harus hindari kepala ayam terkena air yang berlebihan.

Begitulah sekiranya cara untuk dapat merawat dan menjaga kondisi ayam petarung saat musim panas. Dengan begitu, tidak ada alasan lagi bagi anda untuk memiliki ayam petarung yang tidak siap untuk melakukan pertarungan adu ayam meskipun pada musim panas!

Leave a Reply