Get Adobe Flash player

Cara Merawat Ayam Petarung Anda Saat Waktu Senggang Anda

Anda dapat memanfaatkan waktu kosong anda untuk memberikan perawatan bagi ayam anda. Perawatan tersebut dimaksutkan agar nantinya ayam tersebut dapat menjadi ayam petarung berkualitas. Karena ayam petarung yang berkualitas dapat anda jadikan peserta ajang pertandingan sabung ayam yang sudah dari dulu menjadi tradisi di Indonesia.

Agar ayam petarung anda bisa turun pada pertandingan sabung ayam bukanlah yang yang mudah untuk dilakukan. Terdapat bebarapa hal yang yang nantinya akan membuat anda mengalami kesulitan, tetapi tentu saja hal itu tidak akan berlaku lagi apabila anda sudah mengetahuinya dengan sempurna. Anda dapat memanfaatkan waktu luang yang anda miliki sesuai bekerja untuk merawat ayam petarung anda dengan cara seperti :

1. Sebelum memulai perawatan, pastikan dahulu diri anda. Berapa banyak ekor ayam petarung yang dapat anda rawat ? Sebagai permulaan sebaiknya disarankan agar anda hanya merawat 1 hingga 3 ekor ayam petarung saja terlebih dahulu.

Nantinya, ketiga ayam tersebut harus anda pisahkan kandangnya. Ukuran kandang tersebut dapat anda buat sesuai dengan kebutuan ayam. Semakin kecil kandang, maka semakin mudah untuk menjaga kebersihannya namun tentu saja hal itu akan membuat ayam tidak merasa nyaman. Semakin besar maka akan membuat ayam merasa nyaman namun tentu saja proses menjaga kebersihan akan menjadi kendala anda. Jadi bijaklah.

2. Apabila anda bisa, maka berikanlah perawatan pagi hari pada jam 5 subuh kepada ayam anda berupa memandikannya. Setelah dimandikan, anda tidak boleh lupa untuk mengeringkan tubuh ayam tersebut agar tidak terserang penyakit seperti bersin. Memandikan ayam akan membuat ayam merasa segar sepanjang hari. Berikan pakan sebelum anda berangkat bekerja dan tidak lupa untuk lolohkan gula merah cair agar menjaga kesehatan ayam petarung anda.

3. Saat anda pulang dari bekerja, anda dapat memasukkan kembali ayam petarung anda pada kandangnya masing-masing agar dapat kembali beristirahat dengan aman dan nyaman. Tidak lupa untuk kembali memberikan pakan seperti beras merah ataupun jagung dan jenis pakan berkualitas lainnya.

4. Pada sekitar pukul tujuh malam, anda dapat memulai latihan kepada ayam anda. Latihan diberikan agar ayam anda siap untuk bertarung pada arena sabung ayam. Latihan seperti melompat sangat baik untuk anda berikan kepada ayam anda agar memiliki otot tubuh yang kuat, khususnya di kaki dan sayap. Lalu tidak lupa untuk diberikan jamu seperlunya untuk menunjang kesehatan dan daya tahan tubuh ayam petarung tersebut.

5. Pada hari libur anda, saat itulah anda dapat dengan sempurna merawat ayam petarung anda. Anda perlu melakukan adu ayam dengan menggunakan ayam petarung anda untuk melatih kemampuan bertarungnya. Latihan ini selain meningkatkan kemampuan tarungngya juga dapat memperkuat mental yang dimiliki oleh ayam petarung anda. Sehingga latihan adu ayam memang sangat dibutuhkan oleh setiap ayam petarung.

Leave a Reply