Get Adobe Flash player

Cara Mengatasi 9 Jenis Penyakit Ayam Petarung

Cara Mengatasi 9 Jenis Penyakit Ayam Petarung

Sabung Ayam – Di dalam dunia ini memang tidak ada satupun makhluk hidup yang bisa sehat terus, meskipun itu adalah ayam yang berkualitas sekalipun pasti akan terserang penyakit juga. Maka dari itulah, di sini peran dari seorang pemilik dari ayam tersebut sangatlah penting untuk mengetahui segala jenis pengobatan untuk mengatasi penyakit yang dialami oleh ayam kesayangannya.

Berikut di bawah ini akan kami berikan cara mengatas 9 jenis penyakit ayam petarung bagi yang belum mengetahuinya, yakni sebagai berikut:

  1. Lumpuh

Penyakit ini tentu saja bisa Anda atasi dengan memberikan daun wiyono dan kapur sirih atau daun kemangi dan ragi tape padanya. Caranya adalah dengan mencampur semua bahan tersebut dan oleskan ke kaki yang lumpuh tersebut.

  1. Sakit Mata

Sakit mata pada ayam petarung ini biasanya disebakan oleh adanya cacing di matanya yang mirip sekali dengan rambut putih. Tetapi jangan khawatir penyakit ini bisa Anda atasi dengan tetesan tembakau maka cacing tersebut pun akan langsung keluar.

  1. Berak Kapur

Dengan memberikannya anti-biotik dan buah pisang, tomat, pepaya, atau buah – buahan yang banyak mengandung air ini maka penyakit tersebut bisa Anda segera teratasi.

 

Cara Mengatasi 9 Jenis Penyakit Ayam Petarung

 

 

  1. Influenza

Ayam yang terkena penyakit influenza ini bisa Anda atasi dengan memberikannya anti-biotik saja.

  1. Mata Berair

Mata ayam petarung yang berair bisa juga Anda atasi dengan memberikannya tetesan air daun katuk atau jeruk nipis.

  1. Cacingan

Penyakit yang satu ini berbeda dengan penyakit mata karena cacing ini berada di dalam tubuh ayam tersebut. Tetapi penyakit juga bisa Anda atasi dengan meminumkannya air rebusan isi pinang muda yang sudah diolesi dengan minyak goreng.

  1. Panas Dalam

Untuk mengatasi penyakit yang satu ini Anda hanya tinggal mengistirahatkannya saja dan memberikannya air minum selama 2 hari. Maka panas dalamnya pun akan menghilang.

  1. Ngorok

Penyakit ngorok pada ayam petarung juga bisa Anda atasi dengan memberikannya air perasan jeruk nipis yang sudah dicampur dengan air asam gunung. Dengan memberikannya pada pagi dan sore hari maka ayam tersebut akan cepat kembali sehat.

  1. Flu Burung

Untuk mengatasi ayam yang terkena flu burung ini adalah dengan cara membakarnya saja. Karena ini memang merupakan cara yang satu – satunya dalam mengatasi penyakit yang satu ini. Berbeda dengan penyakit lainnya, penyakit yang satu ini karena memang belum Anda obatnya.

Baca Ini : Tips Bagi Anda Yang Ingin Mengatasi Ayam Petarung Yang Bantat

Sekian informasi yang kami sampaikan mengenai cara mengatasi 9 jenis penyakit ayam petarung ini bisa menambah pengetahuan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply