Get Adobe Flash player

Cara Melakukan Ternak Ayam Bangkok Aduan Untuk Pemula

Kembali kali ini kami akan membagikan info seputar cara bagaimana melakukan ternak ayam bangkok aduan yang dapat menghasilkan begitu banyak keuntung materi dan pengalaman yang pastinya tidak di lupakan oleh anda semua berikut informasi yang kami langkum dalam artikel ini, kami harap ini akan sangat membantu bagi perkembang hidup anda dan wawasan anda tentang ayam petarung menjadi luas.

Indukan ayam aduan betina yang telah berhasil dikawinkan oleh anda akan bertelur sekitar 7-14 hari kemudian setelah dikawinkan, namun telur yang akan dihasilkan oleh induk ayam aduan betina tidak dapat sebanyak ayam kampung dalam hal bertelur. Pada saat ayam aduan tersebut stelah bertelur maka hanya ada dua alternatif cara untuk menetaskan telur ayam aduan tersebut.
Cara yang pertama yaitu dengan cara alami, yaitu dimana induk ayam akan mengerami telurnya, dan cara yang kedua adalah dengan menggunakan mesin tetas telur.

Sebenarnya dalam menggunakan mesin tetas adalah cara yang lebih efektif dan lebih mudah dibandingkan dengan cara menetas secara alami. Karena dengan menggunakan mesin tetas akan lebih menjamin kelahiran anakan dari ayam-ayam aduan tersebut, mengingat bahwa untuk mengawinkan ayam petarung dan membuat ayam aduan betina bertelur tidaklah semudah dibandingkan mengawinkan ayam kampung.

Anak-anak ayam aduan yang akan menetas dengan kisaran waktu 20 hingga 22 hari. Anak ayam yang baru saja menetas alangkah sebaiknya dimasukkan ke dalam kandang tersendiri atau khusus dan tidak boleh digabung dengan induknya sendiri, tujuannya adalah agar untuk menjamin asupan makanan bagi anak ayam aduan itu sendiri karena jenis makanan untuk anak ayam aduan sama sekali berbeda dengan sang induk.

Kandang khusus untuk anak ayam aduan sebaiknya dilengkapi dengan bohlam lampu yang berfungsi sebagai pemanas yang menggantikan peranan induknya.
Satu hal lagi yang harus di ingat, jika jenis ayam bangkok aduan kita adalah jenis ayam petarung yang jawara dan sangat hebat, tidak masalah jika kita mengawinkan ayam aduan yang masih saudara sekandung atau sedarah istilahnya. Namun jika ayam tersebut mempunyai kecacatan atau penyakit, kawin sedarah seperti ini sebaiknya dihindari.

Leave a Reply