Get Adobe Flash player

Berbagai Macam Ayam Bekisar Yang Unik

Halo sahabat para penghobi para peternak dan para sabung ayam, pertemuan kali ini kami ingin membahas mengenai ayam bekisar yang unik. Selain ayamnya berpostur langsing, ayam ini memiliki ciri-ciri yang tidak kalah menarik untuk anda baca, mari simak dengan seksama. Ayam bekisar berasal dari Indonesia yang berkembang di pulau Kangean Madura. ayam ini adalah ayam yang dihasilkan dari perkawinan silang antara ayam kampung dan ayam hutan.

Hasil persilangannya menampilkan warna pada bulu betina ayam kampung, sedangkan postur tubuh serta sifat dan suara dari pejantan ayam hutan hijau. Ayam bekisar banyak di minati peternak ayam  dan peternak ayam karena bentuk tubuhnya yang indah dengan bulu-bulu yang cantik serta untuk dijadikan peliharaan. Ayam bekisar memiliki suara yang merdu saat berkokok. Kualitas dari ayam ini sendiri akan mulai terlihat pada usia 6 bulan.

Ayam bekisar memiliki ciri khas yang terdapat bulu yang ada pada lehernya berbentuk bulatan, berbeda dengan ayam jago lainnya yang berbentuk lancip. Ayam ini sendiri memiliki beberapa jenis, biasanya dapat dilihat dari warna bulunya. Warna bulunya tersebut terbentuk dari warna indukan betinanya. Sedangkan postur tubuhnya didominasi oleh indukan jantannya.

Berikut jenis-jenis ayam bekisar :

Ayam Bekisar Putih
Jenis ini adalah keturunan pertama dari pejantan ayam hutan hijau dengan induk betina ayam ras putih sehingga disebut bekisar putih. Ciri-cirinya sebagai berikut :

  • Warna bulunya hanya putih
  • Postur badannya langsing
  • Jenggernya besar dan juga berwarna merah
  • Warna kakinya agak sedikit putih

Ayam Bekisar Hitam
Jenis ini adalah keturunan pertama dari hasil silangan antara pejantan ayam hijau dengan indukan betina ayam cemani hitam. Ciri-cirinya sebagai berikut :

  • Seluruh tubuhnya berwarna hitam
  • Bulu, kaki hingga jari juga berwarna hitam

Ayam Bekisar Multi Warna
Dalam hasil persilangannya antara ayam hijau dan induk betina ayam kampung menjadi keturunanya yang pertama. Ciri-ciri jenis ini sendiri warna bulunya yang berwarna warni.

Demikian ulasan diatas mengenai ayam berkisar yang unik. Semoga bermanfaat bagi anda pecinta adu ayam. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply