Get Adobe Flash player

Banyaknya Manfaat Daun Sirih Untuk Ayam Petarung

daun sirih

Sabung Ayam – Daun sirih ternyata memiliki banyak manfaat untuk ayam petarung meskipun sekarang kebanyakan digunakan pada ayam kampung dan sudah banyak sekali peternak ayam yang tahu mengenai hal ini.

Seperti bahan alami lainnya bahwa daun sirih merupakan tanaman obat yang manjut sekali bagi binatang. Tidak hanya untuk ayam petarung saja, tapi manusia juga menggunakan daun sirih sebagai pengobatan tradisional juga.

Berikut di bawah ini adalah banyaknya manfaat daun sirih untuk ayam petarung yang bisa Anda simak berikut ini:

  1. Sebagai obat antiseptik dan antobiotik untuk adu ayam.
  2. Daun sirih yang muda ternyata juga bermanfaat untuk memperpanjang nafas pada seekor ayam petarung. Pemberiannya bisa Anda lakukan dengan cara menumbuknya dan lalu menyuapkannya kepada ayam petarung Anda.
  3. Daun sirih juga sering digunakan pada ayam petarung yang mengalami luka akibat dari kanibalisme, bertarung maupun luka akibat perkandangan. Cocok juga untuk diberikan kepada ayam yang biasanya matanya sedikit kering dan berdarah setelah selesai bertarung, dengan memberikan air dari daun sirih ini maka mata ayam tersebut akan kembali cerah dan bening.
  4. Daun sirih juga bisa Anda gunakan sebagai pestisida atau obat semprot kandang yang bisa dicampur dengan obat lain. Biasanya digunakan untuk menyemprot tempat bertelur pada ayam supaya bebas dari hama penghisap darah seperti nyamuk.
  5. Memang daun sirih tidak begitu manjur dalam menghilangkan bau kandang akibat kotoran, akan tetapi dengan manfaat daun sirih yang memiliki fungsi sebagai pelancar pencernaan dan pembasmi bakteri maka itu akan cukup bermanfaat. Selain bisa mengurangi bau dari kotoran ayam, ayam tersebut juga akan lebih sehat.
  6. Daun sirih juga aman dikonsumsi oleh manusia ataupun binatang khususnya ayam petarung. Jadi pemberian pakan untuk ayam petarung jika menggunakan sistem organik maka Anda bisa mencampurkannya untuk diberikan kepada ayam petarung Anda.
  7. Daun sirih juga bisa digunakan sebagai pengobatan obat ngorok pada ayam petarung yaitu dengan cara merebus daun sirih dan setelah Anda bisa memerikan air rebusan daun sirih tersebut kepada ayam petarung yang sakit selama 1 bulan. Hal ini sudah terbukti dengan keampuhannya dalam mengobati penyakit ini. Yang pastinya Anda harus mencampurnya dengan jeruk nipis dan air hangat.

Baca Ini : Tips Dan Cara Menyembuhkan Penyakit Snot Pada Ayam

Sekian dari informasi yang bisa kami sampaikan mengenai banyaknya manfaat daun sirih untuk ayam petarung, semoga dengan informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda serta bisa untuk memperluas wawasan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply