Get Adobe Flash player

Ayam Aduan Sisik Kaki Buaya

Apabila kita berbicara tentang sisi magis dari adu ayam maka tidak akan ada habisnya karena berkaitan dengan tradisi dan kepercayaan.  Mulai dari postur tubuh, bentuk paruh, warna bulu hingga sisik kaki dari ayam aduan memiliki pengaruh terhadap performa ayam aduan ketika berlaga.

Dalam kesempatan  ini kita akan membahas mengenai sisik kaki buaya pada ayam aduan. Ayam Aduan dengan sisik kaki buaya berasal dari Thailand. Sisik kaki buaya merupakan sisik kaki ayam aduan yang ditakuti dan diperhitungkan oleh bebotoh sejak zaman dahulu.

Keistimewaan dari sisik kaki buaya ayam aduan adalah memiliki pukulan mematikan dari arah samping ketika sabung ayam.

Jika sisik kaki ayam aduan yang menyerupai sisik buaya ini dipasangkan dengan Ayam aduan yang memiliki teknik ‘ngunci’ akan sangat berbahaya. Itu karena ayam aduan akan mempunyai pukulan samping yang keras dan juga mematikan. Ayam Aduan dengan sisik ini juga dikenal memiliki pukulan saraf yang sangat berbahaya.

Adapun ciri sisik kaki buaya pada ayam aduan adalah sebagai berikut:

  • Ayam Aduan dengan sisik kaki buaya memiliki sisik-sisik kaki yang keras, agak tebal dan kering.
  • Jari-jari kaki ayam aduan dengan sisik kaki buaya ada yang panjang dan juga pendek.
  • Ayam Aduan dengan sisik kaki buaya mempunyai kelenturan jari yang tidak dimiliki oleh ayam aduan lainnya karena terlihat lentur, lemas dan kurang kuat.
  • Kaki ayam jenis ini bersifat kering dan tidak berbentuk bulat. Sisik kaki ini berwarna hijau lumut, hitam atau bias juga putih. Untuk yang berwarna lain sangat jarang ditemukan.
  • Ayam Aduan dengan sisik kaki buaya yang bagus memiliki sisik kaki bagian belakang yang semuanya menghadap keatas.

Nah, kriteria dari sisik kaki buaya di atas juga bisa dijadikan pedoman untuk memilih ayam aduan dengan sisik kaki buaya. Sekarang, untuk mendapatkan jenis sisik kaki ayam aduan tersebut tidak terlalu sulit, karena banyak peternak yang melestarikan jenis ayam aduan yang berkualitas seperti yang satu ini khusus dipersiapkan untuk sabung ayam.

Ayam aduan dengan sisik buaya juga menjadi pilihan utama saat memilih ayam aduan dengan pukulan mematikan karena memiliki kekuatan pukulan di atas rata-rata. Dengan kata lain sekecil-kecilnya pukulan ayam aduan jenis ini tetap berbahaya dan perlu diperhitungkan. Walaupun ayam aduan kita sudah mempunyai kriteria sisik seperti di atas, belum tentu bisa selalu menang. Itu karena ayam aduan juara mempunyai berbagai macam kriteria.

 

 

 

Leave a Reply