Get Adobe Flash player

^ Alasan Ilmiah Mengenai Ayam Yang Tidak Dapat Berterbang ^

Tidak Semua Hewan Yang Mempunyai Sayap Bisa Terbang Dan Tidak Semua Ayam Tidak Bisa Terbang

Apakah anda pernah bertanya kenapa ayam tidak dapat terbang meskipun mempunyai sayap? Ya, sabung ayam memang merupakan satu spesies dengan burung sehingga termasuk unik sekali kenapa unggas yang satu ini tidak bisa berterbang. Untuk yang masih belum mengetahuinya bahwa ayam hanya mampu meloncat tinggi serta melayang beberapa detik saja sambil mengepakkan sayapnya. Disaat anda masih kecil mungkin pernah mendengarkan sebuah dongeng mengenai ayam yang tidak dapat berterbang dikarenakan sebuah alasan kecurangan yang dilakukannya. Apabila anda masih belum pernah mendengarkan sebelumnya, silahkan menyimak cerita singat ini.

Dongeng tersebut menceritakan bahwa ayam pada awalnya mempunyai sayap yang mampu terbang sangat tinggi sekali, tetapi suatu saat dimana pada saat itu adu ayam tersebut menyombongkan dirinya, ayam mengadakan sebuah perlombaan dengan seekor elang tetapi sang ayam telah melakukan sebuah kecurangan. Kecurangannya itulah diketahui oleh Tuhan, sehingga ayam tersebut tersambar oleh petir serta Tuhan mencabut kemampuan terbangnya. Hal tersebut merupakan dongeng mengenai ayam yang tidak dapat terbang, terdapat fakta ilmiah yang bisa menjelaskan kenapa ayam tidak dapat terbang. Mari silahkan disimak.

Ayam mempunyai tubuh serta bagian sayap yang tidak sesuai untuk menerbang, berbeda sekali dengan ukuran tubuh burung yang cocok untuk menerbang serta mengepakkan sayapnya. Berat dari ayam tersebut yang juga tidak memungkinkannya untuk bisa terbang serta melayang. Hal tersebut mengakibatkan ayam tidak bisa terbang meskipun mempunyai sayap. Walaupun seekor ayam jantan yang mempunyai otot sayap yang sangat kuat sekali, dia juga tetap tidak akan dapat terbang serta melayang di udara dikarenakan memang ayam tidak diciptakan dengan bentuk yang mampu menerbang di udara. Sayap serta berat dari ayam tersebut tidak sesuai untuknya mampu melayang di uadara.

 

Baca Juga : Sejarah Dan Ciri-Ciri Dari Plymouth Rock Chicken

Dibandingkan dengan ayam, burung mempunyai struktur sayap yang lebih lebar serta susunan bulunya yang rapat dan kuat bahkan ukuran tubuhnya yang kecil serta relatif ringan. Beberapa jenis burung juga memiliki sayap yang kecil, seperti burung kolibri. Tetapi, getaran sayap burung kolibri sangat cepat sekali sehingga tidak dapat dilihat oleh mata. Apabila ayam dapat mengepakkan sayapnya secepat burung kolibri, maka mungkin saja ayam juga dapat terbang setinggi burung. Namun sayangnya, bulu ayam mudah sekali rontok, sehingga malah akan banyak yang lepas apabila dikepakkan dengan kecepat tinggi dikarenakan memang tidak dirancangkan secara khusus untuk bisa terbang. Nah, inilah alasannya kenapa ayam tidak mampu menerbang walaupun mempunyai sayap. Tetapi, terdapat juga ayam yang mampu menerbang yaitu ayam mutiara serta ayam hutan. Jadi, pelajaran tersebut adalah tidak semua hewan yang memiliki sayap dapat terbang serta juga tidak semua ayam tidak dapat berterbang.

Leave a Reply