Get Adobe Flash player

5 Jenis Ayam Terunik Yang Ada Di Dunia

Terdapat banyak sekali jenis – jenis ayam yang berasal dari berbagai belahan di seluruh dunia. Bagi Anda sebagai salah seorang pecinta adu ayam membahas mengenai topik ini akan menjadi sesuatu yang sangat menarik.

Tidak jarang orang yang memelihara ayam hias ini demi kepuasan dirinya sendiri. Ayam yang memiliki karakteristik yang berbeda dari ayam pada umumnya pun menjadi buruan para pecinta ayam hias. Berikut di bawah ini adalah 5 jenis ayam terunik yang ada di dunia, yakni sebagai berikut:

Ayam Silky

Di Indonesia, sering juga disebut dengan sebutan ayam kapas. Ayam hias yang satu ini sangat menarik perhatian orang – orang dengan bulunya yang lebat dan menutupi sebagian besar wajahnya. Bulu dari ayam silky ini juga sangat halus seperti sutra. Dibalik bulunya yang lebat terdapat warna kuli ayam silky yang berwarna biru gelap, sama halnya dengan dagingnya, tulangnya dan beberapa organ dalamnya. Di negara – negara barat, ayam silky lebih dipelihara sebagai ayam hias. Sedangkan di China, ayam silky biasanya sering disajikan di restoran – restoran mewah dengan kepercayaan bahwa ayam hias ini memiliki berbagai macam khasiat.

Ayam Cemani

Tentu saja ayam cemani bisa dibilang merupakan primadona dari semua ayam hias yang unik yang ada di Indonesia. Ayam cemani ini sangat khas dengan warna hitamnya yang melapisi sekujur tubuhnya ini memiliki harga jual yang sangat tinggi, yaitu bisa mencapai hingga 40 juta rupiah per ekornya.

Ayam Dong Tao

Melihat ayam yang satu ini sekilas pasti Anda akan merasa takut karena penampilannya yang lain daripada yang lain yang lebih cenderung menyeramkan daripada lucu. Ayam dong tao adalah ras ayam asli dari negara Vietnam, seperti ayam saigon. Menurut sejarahnya, ayam dong tao dahulu kala adalah santapan para raja dan juga para bangsawa. Harga dari ayam yang satu ini bisa mencapati 18 juta rupiah per ekornya. Ciri khas dari ayan unik yang satu ini adalah memiliki bentuk badan yang besar dan sehat serta kaki yang berukuran sangat besar yang berwarna merah. Bobot berat dari ayam dong tao ini adalah 6 kg.

Ayam Onagadori

Ayam hias dengan ciri khas ekor yang panjang ini berasal dari negara Jepang. Onagadori sejatinya adalah peliharaan kaum bangsawan di negara Jepang yang menunjukkan simbol kesuksesan seseorang. Ayam onagadori dianggap sebagai ras ayam yang paling berwibawa dan terhormat. Pembawaan dari ayam onagadori ini juga tidak seperti ayam lainnya, ayam onagadori ini selalu terlihat tenang dan juga sangat jinak dengan pemiliknya. Panjang ekor dari ayam onagadori ini bisa mencapai 10 meter jika diberikan pakan dan perawatan yang baik dan benar. Ayam onagadori termasuk salah satu unggas yang paling dilindungi oleh pemerintah.

Ayam Telanjang

Ayam yang satu ini merupakan hasil dari persilangan yang dilakukan oleh salah seorang ilmuwan yang berasal dari Israel, Avigdor Cahaner. Ia mengkawin silangkan ayam broiler dengan ayam ras leher tanpa bulu atau biasa yang dikenal dengan sebuta featherless. Tujuan dari Cahaner ini adalah untuk menciptakan ayam – ayam yang lebih dibudidayakan di negara – negara yang beriklim tropis. Ditambah lagi, ayam ini tidak akan memakan waktu yang cepat untuk proses pencabutan bulu. Akan tetapi, hasil dari kawin silang ini dikecam karena ayam yang dihasilkan tidak bisa mengepakkan sayap sebagaimana mestinya. Ayam telanjang betina juga sangat renta terhadap penyakit kulit, gigitan nyamuk, sinar matahari dan perubahan suhu yang dratis.

Sekian dari informasi yang dapat kami sampaikan mengenai 5 jenis ayam terunik yang ada di dunia, semoga dengan informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda serta bisa menambah wawasan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply