Get Adobe Flash player

5 Jenis Ayam Birma Yang Terdapat Di Indonesia

5 Jenis Ayam Birma Yang Terdapat Di Indonesia

Sabung Ayam – Kecepatan ayam birma di dalam pertarungan sabung ayam sangatlah mengagumkan dan menarik banyak perhatian orang yang melihatnya. Ayam birma ini berasal dari negara Myanmar, biasanya ayam ini lebih banyak terdapat di perkampungan atau pedesaan yang ada di negara tersebut. Di negara Myanmar ayam birma merupakan sebuah simbol atau lambang kekuasaan.

Saat ini ada banyak sekali penghobi sabung ayam yang ada di negara Indonesia yang juga mendatangkan ayam birma langsung dari negara asalnya. Karena harganya yang cukup tinggi itu membuat banyak sekali orang – orang yang ingin mengkawinkannya dengan ayam lokal yang berasal dari Indonesia, dengan harapan bisa menghasilkan keturunan yang berjenis baru.

Berikut di bawah ini adalah 5 jenis ayam birma yang terdapat di Indonesia, yakni sebagai berikut:

  1. Ayam Birma Asli

Ayam birma yang asli ini biasanya memiliki postur tubuh yang lebih kecil, memiliki struktur tulang yang tipis, memiliki bulu yang lebat yang didominasi oleh warna wido dengan bintik – bintik kecoklatan. Bentuk kakinya ini hampir mirip sekali dengan burung pemakan ikan, sedikit terlihat seperti merit akan tetapi tetap keras dan padat. Kelebihan yang dimilikinya ini adalah keakuratan pukulannya yang bisa mencapai 90% yang selalu mengarah pada bagian kepala, mata dan paruh lawannya. Kekuarangannya yaitu postur tubuhnya yang kecil dan tidak begitu tahan terhadap pukulan.

  1. Ayam Birma Rambong

Jenis ayam birma yang satu ini adalah jenis ayam birma yang asli. Adu ayam ini memiliki teknik bertarung yang unik dan juga akan terlihat seperti berdansa ketika bertarung. Ayam ini selalu memukul bagian kepala, mata, paruh lawannya. Meskipun ayam ini terdesak sampai jatuh, ia tetap mampu untuk melancarkan pukulannya ke lawannya.

  1. Ayam Birma Gostan

Ayam birma gostan ini merupakan jenis ayam birma yang terbaru. Ciri khas dari teknik bertarungnya adalah mengelak sambil memukul bagian kepada, mata dan paruh lawannya dengan kuat.

  1. Ayam Birma Mabin

Jenis ayam birma yang satu ini merupakan jenis ayam birma yang terbaru juga. Teknik bertarungnya adalah meloncat sambil melancarkan pukualnnya dengan kuat kearah bagian kepala lawannya. Di dalam pertarungannya ayam ini bisa menjadi sangat agresif dan gesit.

  1. Ayam Birma Brazilian

Jenis ayam birma yang satu ini merupakan hasil kawin silang dari ayam birma asli dengan ayam brazil. Dengan perbandingan genetik sebesar 85% untuk ayam birma asli dan sisanya 15% untuk ayam brazil. Ayam birma yang satu ini memiliki postur tubuh yang lebih besar, lebih kuat dan lebih tahan terhadap pukulan lawannya daripada ayam birma yang asli. Akan tetapi, kelincahannya masih kalah sedikit dari ayam birma yang asli.

Baca Ini : 9 Cara Mempertahankan Supaya Ayam Petarung Tetap Bersemangat Dan Sehat

Sekian dari informasi yang kami berikan mengenai 5 jenis ayam birma yang terdapat di Indonesia, semoga dengan informasi yang telah kami berikan ini bisa menambah pengetahuan Anda mengenai dunia sabung ayam.

 

Leave a Reply