Get Adobe Flash player

18 Ciri-Ciri Ayam Petarung Yang Sehat Dan Kuat

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan berberapa ciri-ciri adu ayam yang sehat dan kuat kepada Anda yang sedang mencari informasi terkait ini. Berikut di bawah ini adalah ciri-ciri ayam petarung yang sehat dan kuat:

  1. Lincah

Ayam petarung yang kondisinya sedang sehat bakal banyak gerak. Ayam petarung ini susah untuk berdiam diri. Maunya bergerak terus kesana-kemari.

  1. Sering Berkokok

Ayam petarung yang dalam kondisi baik bakal suka berkokok. Suaranya pun keras dan melengking. Anda bisa perhatikan hal ini sebelum membeli ayam petarung.

  1. Kotorannya Kecil-kecil

Dilihat dari kotoran yang dikeluarkan, ayam petarung yang kondisinya prima kotorannya kecil-kecil. Istilahnya ‘nyabe’. Ini salah satu ciri kalau memang kondisi ayam petarung ini sedang baik.

  1. Kulit Muka Ayam Tebal

Kamu bisa coba pegang dan rasakan bagaimana kulit muka pada ayam petarung. Kalau kamu rasakan kencang dan tebal, berarti ini ayam petarung yang bagus untuk kamu beli.

  1. Warna Paruh Ayam yang Bagus

Ciri lainnya adalah pada paruh ayam petarung yang bagus sama warnanya dengan kaki ayam. Istilah di kalangan penggemar ayam petarung disebut “tembus”, sebab antara paruh ayam dan kaki warnanya sama.

  1. Bentuk Jengger Tegak

Coba periksa pada bagian jengger ayam. Kalau kamu lihat bentuknya tegak, maka ayam petarung ini boleh dibilang berkualitas.

  1. Lubang Hidung Kecil

Pada bagian lubang hidung, bentuknya kecil. Kecilnya lubang membuat ayam petarung punya nafas yang efisien dan tidak gampang kelelahan.

  1. Mata Ayam Cekung

Mata ayam petarung yang bagus bakal cekung ke dalam. Selain itu, alisnya terlihat menonjol dan pada bagian retina mata terlihat bersih dan tidak ada bercak. Ini tanda mata ayam petarung yang bagus.

  1. Sinar Mata Memancar tajam

Mata ayam petarung yang kuat pandangannya jernih. Itu artinya kondisi mata ayam petarung dalam keadaan sehat, tidak minus atau plus.

  1. Leher Ayam Lurus dan Panjang

Di bagian leher, ayam petarung yang bermutu baik punya leher yang panjang. Tapi juga sebaiknya tidak terlalu panjang. yang penting proporsinya pas dengan bentuk badan.

  1. Lebar Leher Ayam Sedang

Dengan lebar leher ayam petarung yang berukuran sedang, cukup kokoh dan bakal membuat ayam petarung tetap lincah bergerak.

  1. Dada Membusung

Pada bagian dada tampak membusung. Dadanya pun tebal. Ayam petarung yang seperti ini dilihat dari kejauhan pun sudah terlihat atletis.

  1. Bulu Sayap Rapi

Bulu di bagian sayap terlihat rapi dengan jarak tiap pangkal bulu yang merata.

  1. Otot Paha Ayam Padat

Bentuk otot paha ayam petarung terasa padat dan besar. Ini membuat ayam petarung ini kuat dalam melompat maupun begerak.

  1. Kaki Ayam Sedang

Pada bagian kaki ayam petarung tidak terlalu besar atau kecil, tapi sedang. Kaki yang besar membuat ayam lambat bergerak, sedangkan kalau kaki ayam petarung terlalu kecil takutnya nanti kurang kokoh. Yang paling ideal adalah kaki ayam petarung yang sedang. Biar gerakan ayam petarung tetap lincah dan juga kokoh menopang badan ayam petarung.

  1. Bentuk Ekor Ayam Jago yang Bagus

Bentuknya adalah yang panjang dan mengarah ke bawah. Istilahnya “ekor ayam kuncup”. Dengan bentuk ekor yang seperti ini, ayam petarung jadi lebih lincah saat bergerak.

  1. Postur Ayam Tegap

Ayam petarung yang bentuk badannya bagus adalah yang tegap. Antara bentuk kaki, tubuh, dan leher hingga kepala terlihat serasi. Dilihat dari jauh, ayam petarung yang bagus ini terlihat atletis.

  1. Bentuk Tubuh Ayam Petarung Ideal

Anda bisa lihat dari bentuknya yang serasi dari kaki sampai jengger. Dilihat dari panjang leher, badan dan tinggi kaki, semuanya ideal. Jadi ayam petarung seperti ini yang jadi idaman semua orang.

Sekian Informasi yang dapat kami sampaikan mengenai ciri-ciri ayam petarung yang sehat dan kuat, semoga dengan informasi ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai sabung ayam.

Leave a Reply