Get Adobe Flash player

^ 10 Jenis Ras Ayam Petarung Paling Hebat Dalam Kompetisi Sabung Ayam ^

Ayam petarung tidak sekedar untuk hiasan saja atau pemanis kandang saja, beberapa penggemar malah sengaja merawatnya untuk bertarung di ajang tarung alias sabung ayam. Tidak semua pejantan adu ayam bisa bertarung diarena laga, ada latihan dan kriteria yang harus ditempuh supaya dapat menghasilkan petarung sejati. Menurut penuturan dari sejumlah pecinta sabung ayam, setidaknya ada 10 macam ras ayam yang paling hebat dalam kompetisi sabung ayam.

 

1. Ayam Bangkok

Salah satu daru jenis ayam petarung di Indoensia yang terkenal dengan pukulan sangat keras dan gaya bertarungnya yang beragam. Selain pandai dalam adu pukualn, ayam aduan Bnakgok juga piawai dalam laga jalu. Banyak sekali orang yang memeliharanya karena memiliki strktur tubuh yang ideal dan tergolong cerdik saat berlaga.

 

2. Ayam Saigon

Ayam aduan dari Vietnam ini sangat dikenal dengan pertahanannya yang kuat dan pukulannya yang keras sekali. Pada jaman dulu ayam jenis ini sama sekali tidak pandai bertarung, namun kini sudah mengalami perkembangan sehingga sama dengan ayam aduan Bangkok yang mengandalkan kegesitannya. Ayam Saigon selalu mampu menumbangkkan lawannya yang memiliki gaya bertarung “jual beli” pukualn.

 

3. Ayam Burma

Ayam yang dari Myanmar (Burma) ini juga sangat terkenal dengan kemampua pukulannya yang tanpa perlu mematuk duluan serta sangat pandai menjaga jarak dari lawannya. Gaya bertarungnya langsung mengincar bagian vital lawannya, tidak heran bisa memenangi pertarungan dalam waktu yang singkat. Meski kekuatan pukulannya tidak sekeras Bangkok dan Saigon namun keunggulannya justru terletak pada teknik dalam bertarung nyawatnya.

 

4. Ayam Siam

Jenis ayam aduan yang memiliki kondisi fisik seperti ayam Burma ini, namun dilengkapi dengan karakter mental yang tidak mudah menyerah saat bertarung di arena. Gaya bertarung ayam Siam lebih atraktif apabila dibandingkan dengan ras lainnya. Dan ditunjang dengan pukulan yang cukup keras serta akurat ke tubuh lawan.

 

5. Ayam Brazil

Jenis ayam laga yang terkenal di Indonesia yang terkenal sudah lama panas diarena tarung, namun bakal menggila pada babak selanjutnya. Meskipun teknik bertarungnya kurang menarik dan terkesan lamban, tapi ayam Brazil ini memiliki mental yang sangat bagus karena tidak akan mudah menyerah. Hanya 2 pilihan dalam hidup ayamnya, yaitu menang atau mati terhormat saja. Inilah pesona ayam Brazil yang membaut pecinta ayam laga memeliharanya.

 

Baca Juga : Mengenal Kehebatan Ayam Petarung Filipina

 

6. Ayam Shamo

Sejatinya ayam aduan jenis ini memiliki kekerabatan dekat dengan ayam aduan Siam, namun telah dikembangkan oleh peternak Jepang sehingga dijuliki dengan nama “Ninja Mini”. Ciri fisik ayam Shamo ini lebih atletis apabila dibandingkan dengan ras ayam aduan lainnya, apalagi didukung oleh pukulannya yang akurat pada bagian vital lawannya.

 

7. Ayam Filipina

Negara tetangga Indonesia tersebut memiliki kompetisi sabung ayam yang menarik banyak sekali minat wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Ayam Filipina ini memang kurang pandai dalam melancarkan pukulannya yang keras itu karena lebih banyak menggunakan taji. Dengan gerakan yang cepat serta taji yang tajam, lawannya pun bisa terluka parah apabila terkenal langsung.

 

8. Ayam Taiwan

Ayam aduan yang satu ini dikenal dengan posturnya yang atletis dengan tinggi bisa mencapai 75 cm dan beratnya 5,5kg. Gaya bertarungnya cenderung nekat dan tidak segan langsung mengarahkan pukulan keras ke 3 bagian vitalnya lawan seperti kepala, leher dan punggung. Teknik tarungnya yang sangat atarktif ini terkadang menirukan ayam aduan Bangkok atau hanya mengandalkan “Tempel Pukul”.

 

9. Ayam Pama

Ayam aduan Pama adalah merupakan hasil perkawin silangan antara Bangkok dan Burma. Sekarang ada banyak sekali ras turunan ayam aduan Pama yang dikawin silang dengan ras ayam aduan lainnya. Pama versu asli ini dikenal memiliki pukulan sangat keras dengan tingkat akurasi yang lebih tinggi. Pukulannya mengarah pada bagian kepala, paruh dan mata lawannya. Teknik bertarungnya lebih banyak memeukul, bertahan dan tidak mudah terpancing oleh lawan.

 

10. Ayam Pakhoe

Jenis ayam laga yang satu ini merupakan turunan dari 4 ras yakni Bangkok, Saigon, Burma dan Brazil. Pakhoe, artinya pemukul setan, ayam aduan ini sengaja “diciptakan” sebagai penanding ayam Burma yang selalu merajai ajaang laga kelas di bawah 3kg. Hasil perkawin silangan ini tidak percuma ssekali, ras baru tersebut sanggup untuk menumbangkan ayam Burma.

Leave a Reply